Sukses

Garam Bisa Buat Bersih-bersih, Termasuk Cuci Jeans

Garam tak cuma bisa menambah cita rasa makanan. Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah Anda.

Garam tak cuma bisa menambah cita rasa makanan. Garam juga bisa digunakan untuk membersihkan rumah Anda.

Contohnya, Anda bisa mencuci pakaian Anda terutama jins untuk mendapatkan binatu seperti efek. Demikian pula, besi, kuningan atau tembaga yang digunakan sebagai perhiasan rumah bisa dibersihkan dengan garam.

Namun, masih ada lagi pembersih lainnya. Mau tau? Berikut beberapa cara yang luar biasa dari garam untuk membersihkan seperti dikutip Boldsky, Jumat (4/1/2013).

1. Jin

Jika jin Anda benar-benar kotor dan Anda ingin membersihkannya, gunakan garam. Garam tidak hanya membersihkan jin, tetapi juga mempertahankan stretchability dan warna denim.

Anda cukup menambahkan satu sendok teh garam dalam setengah ember yang diisi dengan air. Rendam jin di dalamnya selama 10-15 menit. Bersihkan dengan deterjen.

2.Kuningan dan tembaga bersinar lagi

Pajangan ini bisa jadi karatan dan bernoda akibat kelembaban dan kotoran. Anda bisa mengkilapkannya lagi dengan menggunakan garam. Tambahkan dengan beberapa tetes cuka dalam garam dan bersihkan kuningan dan tembaga.

3. Cerobong asap dapur

Cerobong menjadi bagian paling tinggi yang terkena minyak, kelembaban dan uap. Sehingga bagian ini menjadi kotor dan sangat mudah bernoda. Membersihkan cerobong asap itu sangat sulit. Anda bisa membuatnya menjadi sederhana dengan menggosok-gosokkannya dengan garam dan cuka atau baking soda.

4. Karpet

Karpet bisa menjadi kotor karena lumpur, tumpahan makanan atau noda anggur. Jadi, untuk menghilangkan noda membandel dari tikar, karpet atau permadani, hanya taburi garam. Gosok dengan spons yang basah dengan air.

5. Pakaian

Untuk mendapatkan pakaian harum yang bagus, hanya rendam dalam garam selama 5-10 menit. Hal ini juga mencegah warna pakaian keluar.

6. Peralatan masak besi

untuk menghilangkan noda minyak, noda kuning dan tumpahan, hanya gosok dengan pasta dari air panas dan garam pada peralatan masak Anda.

7. Botol kaca

Stoples kaca dan botol bisa bernoda kuning. Bersihkan dengan cuka dan garam untuk tetap bersih dan bebas bakteri.

8. Bersihkan kulkas

Ingin menjaga kulkas bersih dan bebas bau? Rendam sepotong kain dalam cuka dan larutan garam. Anda bisa menambahkan baking soda untuk menghilangkan noda. Bersihkan kulkas dan bebas bau.

9. Menghilangkan bau

Bau bawang putih, telur, daging, bawang merah, dan minyak bisa menyebalkan. Jadi bersihkan peralatan baja, perak, atau tanah liat dengan garam dan jeruk nipis.

10. Bersihkan perak

Bersih set sendok perak dan barang-barang perak lainnya dengan garam. Ini adalah salah satu pembersihan terbaik dengan menggunakan garam. Anda dapat menyimpan perak mengkilap dengan garam. (MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.