Sukses

Coba Gerakan Yoga ini Sebelum Tidur

Jika Anda terbiasa tidak tidur di malam hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami penuaan dini dan mungkin bisa sering bingung dalam beraktivitas. Beberapa gerakan yoga yang bisa membatu tidur Anda.

Jika Anda terbiasa tidak tidur di malam hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami penuaan dini dan mungkin bisa sering bingung dalam beraktivitas.

Ketika kita tidur, tubuh kita mengalami perbaikan tingkat sel dan menghilangkan racun dalam tubuh. Oleh karena kita perlu tidur 6-8 jam setiap hari.

Jika Anda tidak bisa tidur, coba gerakan yoga yang sudah dikenal bisa menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk insomnia atau kebiasaan tidur yang abnormal. Yoga membantu meringankan stres di malam hari. Peregangan yoga berikut dapat membantu Anda untuk bersantai dan menikmati tidur.

Berikut ini gerakan yoga yang bisa membatu Anda bisa tidur nyaman, seperti dilansir Healthmeup, Kamis (03/01/2013)

1. Forward Bend (Hastapadasana)

Membantu meregangkan otot punggung, sistem saraf dengan meningkatkan suplai darah, dan membuat tulang belakang lentur .

Cara Berlatih:

1. Berdiri tegak, angkat tangan Anda dan sejajarkan ke atas.

2. Seimbangkan berat badan Anda pada kedua kaki.

3. Tarik napas dalam-dalam sambil panjangkan tangan di atas kepala Anda, kemudian keluarkan napas sambil membungkuk ke depan dan ke bawah hingga arah kaki.

4. Tetap dalam posisi ini selama 20-30 detik dan terus tarik napas dalam-dalam.

note: Sambil menarik napas, turunkan dada menuju lutut, angkat pinggul dan tulang ekor yang lebih tinggi, tekan tumit ke bawah, biarkan kepala bersantai dan buang napas secara perlahan.

2. Cat Stretch (Marjariasana)

Peregangan sangat baik untuk fleksibilitas tulang belakang. Juga membantu organ pencernaan dan meningkatkan pencernaan, sehingga membantu Anda untuk tidur nyenyak. Juga meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan pikiran.

Bagaimana melakukan Peregangan :

1. Buat diri Anda seperti bayi merangkak. Bentuk punggung Anda seperti meja dengan tangan dan kaki membentuk kaki meja.

2. Jaga lengan Anda tegak lurus ke lantai, dengan tangan langsung di bawah bahu dan rata dengan tanah, lutut Anda selebar pinggul.

3. Lihatlah lurus ke depan.

Note : Saat Anda menarik napas, angkat dagu Anda ke atas dan keluarkan napas sambil tundukkan kepala Anda kembali. Lakukan beberapa kali.

3. Pose anak (Shishuasana)

Sebuah pose sederhana yang  membantu menenangkan sistem saraf sehingga Anda bisa tidur tenang.

Caranya:

1. Duduk di tumit Anda. Menjaga pinggul Anda pada tumit, membungkuk ke depan, dan menurunkan dahi ke lantai.

2. Jaga lengan di samping tubuh Anda dengan tangan di lantai, telapak tangan menghadap ke atas.

4. Pose Kupu-kupu (BaddhaKonasana)

Pose ini dapat membantu menghilangkan kelelahan dari berjam-jam berdiri atau berjalan. Juga peregangan yang baik untuk paha bagian dalam, selangkangan dan lutut.

Caranya:

1. Duduk tegak dengan tulang belakang dan kaki.

2. Sekarang tekuk lutut Anda dan bawa kaki Anda menuju panggul. Telapak kaki Anda harus menyentuh satu sama lain. (seperti bersila)

3. Pegang kaki menggunakan tangan Anda.

4.Upayakan untuk membawa tumit dekat dengan alat kelamin.

5. Ambil napas dan buang napas, tekan paha dan lutut ke bawah menuju lantai.

Sekarang mulai mengepakkan kedua kaki ke atas dan ke bawah seperti sayap kupu-kupu. Mulai lambat dan secara bertahap meningkatkan kecepatan. Terus bernapas normal seluruh. Terbang lebih tinggi dan lebih tinggi, secepat Anda bisa lakukan dengan nyaman. Perlambat dan kemudian berhenti. Ambil napas dalam-dalam dan ketika Anda mengembuskan napas, membungkuk ke depan, menjaga dagu dan tulang belakang tegak.

Tekan siku Anda pada paha atau lutut, dorong lutut dan paha lebih dekat ke lantai. Rasakan peregangan di paha bagian dalam waktu yang lama, napas dalam-dalam, relaksasi otot. Ambil napas dalam-dalam dan saat Anda mengeluarkan napas, luruskan kaki di depan Anda dan bersantai.

Anda dapat memilih untuk menyertakan pranayama NadiShodhan dalam ritual Anda untuk meredakan ketegangan dan bersantai dalam tidur.

Tips lain untuk membantu Anda tidur lebih baik:

1. Hindari melakukan yoga Pranayama Bhastrika di akhir malam. Pose yoga ini  memerlukan energi dan bisa membuat Anda sulit tidur.

2. Hindari menonton film horor hingga larut malam. Ide yang baik untuk mendengarkan musik instrumental yang lembut, seperti yang dari veena, bini atau mendengarkan nyanyian atau pengetahuan sebelum bersiap-siap untuk tidur.

3. Buat pola tidur Anda sendiri. Tidur waktu siang hari tidak dianjurkan. Ini mengganggu jam biologis. Idealnya, tidurlah di sore hari selama sekitar setengah jam dan pada malam hari selama delapan jam.

4. Introspeksi terhadap apa yang Anda lakukan selama hari. Jangan lupa berdoa dan pergi tidur dengan pikiran bahagia dan santai. Jaga tempat tidur Anda bersih sebelum tidur.

5. Selesai makan malam Anda maksimal pukul 8.30 malam. Sisakan 2 jam untuk beristirahat setelah makan sebelum tidur. (FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini