Sukses

Orang Gemuk Hidupnya Lebih Lama Daripada Orang Kurus

Jika resolusi Tahun Baru Anda adalah untuk hidup sehat, mungkin akan lebih baik Anda untuk menyingkirkan diet dan memilih cara lain untuk membantu dan menikmati sisa kemeriahan Tahun Baru Anda.

Jika resolusi Tahun Baru Anda adalah untuk hidup sehat, mungkin akan lebih baik Anda untuk menyingkirkan diet dan memilih cara lain untuk membantu dan menikmati sisa kemeriahan Tahun Baru Anda.

Menurut para peneliti, pria dan wanita yang sedikit gemuk memiliki hidup yang lebih lama daripada pria dan wanita yang lebih ramping.

Hasil analisa 100 penelitian, hampir semuanya menunjukkan bahwa orang yang memiliki berat badan normal, mungkin meninggal lebih cepat dibanding orang yang sedikit memiliki kelebihan berat badan.

Analisa ini bukanlah yang pertama untuk menunjukkan bahwa memiliki sedikit kelebihan berat badan sebenarnya baik untuk kesehatan.

Penjelasan mengapa hal ini mungkin terjadi adalah kemungkinan bahwa orang yang memiliki sedikit kelebihan berat badan, memiliki lebih banyak cadangan lemak daripada orang yang memiliki tubuh ramping.

Dengan catatan, orang yang memiliki berat badan lebih apabila didiagnosa terkena darah tinggi dan diabetes, harus segera diobati untuk kesehatan secara menyeluruh.

Teori lain seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/1/2013) adalah bahwa beberapa dari orang yang memeliki kelebihan berat badan sebenarnya dapat berolahraga lebih banyak dan makan lebih baik daripada orang yang kurus dimana orang tersebut senantiasa kelaparan dan merokok untuk menekan nafsu makannya.

Untuk mengukur tentang massa tubuh seseorang, dapat menggunakan BMI atau Indeks Massa Tubuh. BMI adalah rumus matematika yang berkaitan dengan tinggi dan berat badan.

Orang yang dikatakan memiliki berat badan normal adalah jika orang tersebut memiliki BMI antara 18,5 sampai 24,9.

Dan, kelebihan berat badan jika orang tersebut memiliki BMI antara 25 sampai 29,9.

Jika seseorang sudah memiliki BMI di atas angka itu pertanda orang tersebut mengalami obesitas dan berisiko terhadap kesehatan.

Tapi, kembali lagi. Bahwasanya urusan hidup dan mati seseorang ada di tangan Tuhan. (ADT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini