Sukses

5 Diet Selebriti yang Perlu Dihindari di 2013

Tahun sudah berganti dan saat memasuki Januari, sinyal diet ketat merajalela. 5 Cara diet selebriti ini sebaiknya dihindari pada 2013.

Tahun sudah berganti dan saat memasuki Januari, sinyal diet ketat merajalela. Orang-orang bakal menjelajahi toko-toko buku dan internet, serta majalah untuk mencari cara cepat yang ajaib agar mempunyai badan ideal. Namun, banyak buku diet dan DVD fitnes yang didukung selebriti di pasaran bisa memberikan pemahaman yang salah soal nutrisi dan saran diet yang baik.

Menurut British Dietetic Association (BDA), ada 5 diet seleb yang perlu dihindari pada 2013 seperti dikutip FemaleFirst, Selasa (1/1/2013).

1. Diet Dukan

Diet ini digemari Carole Middleton, Jennifer Lopez, dan Gisele Bundchen. Diet ini melibatkan empat fase yang dimulai dengan pendekatan 'tidak' pada karbohidrat atau hanya protein. Cara ini hanya mempromosikan penurunan berat badan dengan cepat.

Putusan BDA: Dukan tidak bisa mempertahankannya! Ada sedikit pengetahun di balik ini semua. Diet bekerja pada pembatasan makanan, kalori, dan kontrol porsi. Mengurangi kelompok makanan tidak dianjurkan.

"Diet ini sangat membingungkan, memakan waktu, dan sangat kaku menurut pendapat kami".

Masalah yang muncul dari Diet Dukan seperti energi berkurang, sembelit, dan bau mulut.

Sian Porter, konsultan diet dan Juru Bicara untuk BDA, mengatakan, tidak ada solusi ajaib untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya dalam jangka panjang.

"Tidak ada diet yang bisa Anda ikuti tanpa berhubungan dengan nutrisi atau risiko kesehatan dan kebanyakan menawarkan perbaikan jangka pendek untuk masalah jangka panjang".

Menurutnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda perlu membuat pilihan yang lebih sehat, dengan makan makanan yang bergizi seimbang dan bervariasi dengan ukuran porsi yang tepat. Selain itu juga aktif secara fisik.

"Singkatnya solusi bagi sebagian besar adalah, makan lebih sedikit kalori, membuat pilihan yang lebih baik, dan bergerak!".

"Jika Anda ingin menurunkan sejumlah berat badan Anda, kemudian melakukannya dengan cara yang sehat, menyenangkan dan berkelanjutan. Dalam jangka panjang ini akan mencapai hasil setelahnya".

2. Diet KEN (Ketogenic Enteral Nutrition)

Diet ini digemari artis dan top model. Diet KEN tak mengonsumi makan apa-apa.

Pelaku diet hanya mendapat makanan dari cairan formula. Dalam 10 hari per siklus, cairan formula diteteskan ke perut melalui tabung plastik di hidung pasien dan ditempelkan ke wajah pasien.

Di ujung tabung lainnya sebagai pompa listrik yang bekerja siang dan malam memberikan dua liter formula selama 24 jam.

Pelaku diet KEN bisa beraktivitas seperti biasanya tapi harus membawa pompa dan cairan dalam tas atau ransel dan menggantungnya di samping tempat tidur di malam hari.

Pasien diet ini boleh melepas pompa itu selama satu jam sehari dan bisa minum air putih, teh, dan kopi (tanpa gula, susu atau pemanis), atau teh herbal yang bebas gula dengan memasukkannya ke tabung.

Putusan BDA: Ini cara yang mengejutkan. Orang-orang memilih memasukkan tabung ke naso-lambung (NG) demi menurunkan berat badan. Biasanya cara ini diperuntukkan orang sakit atau sakit kronis.

Salah satu efek samping dengan diet KEN adalah harus minum obat pencahar karena diet ini tak menyediakan serat.

3. Diet‘Party Girl’ IV Drip

Rihanna dan Simon Cowell kabarnya sebagai penggemar diet ini. Sebenarnya, jenis ini awalnya digunakan untuk mengobati orang-orang yang mengalami malnutrisi yang berat dan secara klinis sakit. Namun orang-orang kini berani membayar mahal hingga ratusan pondsterling demi mendapatkan larutan 250 ml untuk disuntikkan.

Diet jenis ini dengan memberikan cocktail dosis tinggi yang berisikan vitamin dan nutrisi yang diberikan melalui tetesan seperti infus. Biasanya berisi Vitamin B, Vitamin C, Magnesium, dan Kalsium.

Putusan BDA: Sangat sedikit bukti yang menunjukkan cara ini bekerja dengan baik. Cara ini bisa memberikan efek samping seperti pusing, infeksi, radang pembuluh darah, dan akhirnya mengalami anaphylactic shock.

4. Diet Alcorexia / Drunkorexia

Model top dan selebriti di karpet merah menjadi penggemar diet ini. Diet ini biasanya dengan mendorong orang mengurangi kalori setiap harinya dalam seminggu. Kemudian orang yang melakukan diet ini akan pesta minuman alkohol di hari terakhir.

Di sini, alkohol berfungsi untuk menyimpan kalori dalam tubuh pada minggu berikutnya.

Contohnya saja, jika Anda melakukan diet VLC (Very Low Calorie) dengan Diet Alcorexia, Anda bisa menyimpan sekitar 1.500 kalori seharinya, yang kemudian 10.500 kalori untuk minum seminggu.

Putusan BDA: Jangan melakukannya terlalu sering. Anda tidak akan mendapat kalori, vitamin, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk bertahan dan berfungsi. Anda bisa merasa lemah, tak berenergi, dan jadi mudah marah.

Alkohol mempunyai sedikit gizi selain kalori. Menghindari makanan untuk menyimpan kalori untuk digunakan selanjutnya merupakan cara bodoh dan bisa mengakibatkan keracunan alkohol dan kematian.

5. Diet 6 Weeks to OMG

Menurut Penulis Diet Venice A Fulton ada daftar artis yang melakukan diet ini. Orang yang ingin melakukan diet ini diminta berolahraga pada pagi hari setelah minum kopi hitam.

Setelah itu mandi dengan air dingin untuk mendorong tubuh membakar lemak yang disimpan dan mencoba menunda sarapan hingga pukul 10.00 pagi.

Pelaku diet juga tidak boleh makan buah, makanan ringan dibatasi, dan piring berisi makanan berprotein. Tak masalah jika karbohidrat berasal dari brokoli atau cola.

Putusan BDA: Anda akan merasa dalam neraka selama 6 minggu dan terisolasi. Dukungan dari teman dan keluarga merupakan hal penting dari penurunan berat badan dan bisa bertahan lama.(MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini