Sukses

Kata Ilmuwan Wanita Lebih Seksi Kalau Pakai Sepatu Tinggi

Ilmuwan di University of Portsmouth ini menemukan kalau wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi dinilai lebih menarik daripada saat mengenakan sepatu flat.

Menggunakan sepatu hak tinggi ternyata bukan hanya dilihat menarik oleh beberapa pria, tapi juga menjadi perhatian bagi para ilmuwan di University of Portsmouth.

Seorang wanita pasti senang menggunakan sepatu hak tinggi walaupun kadang bisa menyebabkan lecet, atau tersandung. Tapi menurut penelitian yang dilansir dari Dailymail, Senin (31/12/2012), wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi memang terlihat lebih menarik.

Peneliti ini mengamati tumit wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi dan sepatu flat. Wanita yang diteliti berusia sekitar 20 tahun yang masing-masing memiliki 4 hingga 25 pasang sepatu hak tinggi. Mereka mengaku setidaknya menggunakan sepatu tersebut seminggu sekali.

Para peserta berjalan di treadmill dan hanya disorot lampu pada yang memperlihatkan tubuhnya. Tapi dalam film penelitian ini, wajah dan tubuh peserta disamarkan sehingga penonton hanya bisa melihat pola cahaya pada kaki peserta.

Para ilmuwan di University of Portsmouth ini menemukan kalau wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi  dinilai lebih menarik daripada saat mengenakan sepatu flat (datar).

Dalam percobaan kedua, tim peneliti meminta beberapa pria untuk menilai apakah video tersebut menunjukkan seorang pria atau wanita ketika peserta berjalan ke arah mereka.

Hasilnya menunjukkan kalau wanita yang mengenakan sepatu flat sering dianggap sebagai pria.

Para ilmuwan juga mengukur perbedaan gaya berjalan ketika wanita mengenakan hak tinggi dan flat.

Mereka menyimpulkan kalau wanita terlihat lebih feminin karena sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi bisa membuat wanita melangkah lebih pendek dan terlihat mengayunkan pinggul mereka.

"Kami menyarankan untuk menggunakan sepatu hak tinggi bagi wanita jika ingin dianggap feminin. Selain bisa membedakan jenis kelamin secara spesifik, sepatu hak tinggi juga bisa menyebabkan gairah seksual pada pria dan membuat wanita menyadari pesaing potensial untuk pasangan," kata peneliti yang disebutkan dalam jurnal Evolution and Human Behavior.

Berikut Hasil penelitian yang membandingkan antara wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi dan sepatu datar (flat shoes)

Sepatu Hak tinggi (High Heels shoes)
Jenjang langkah : 3,9 feet
Langkah per menit : 110
Durasi langkah: 1,09 detik
Rotasi panggul : 4,16

Sepatu datar (flat shoes)
Jenjang langkah : 4,1 feet
Langkah per menit : 106
Durasi langkah: 1,13 detik
Rotasi panggul : 3,06


(FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.