Sukses

8 Makanan Ini Banyak Dibenci Tapi Harus Dicintai

Kebanyakan orang mempunyai makanan yang disukai dan tidak disukai. Ada orang yang membenci makanan hingga bersumpah serapah jika menemukannya. Jika Anda termasuk di dalamnya, cobalah belajar mencintai makanan itu.

Kebanyakan orang mempunyai makanan yang disukai dan tidak disukai. Ada orang yang membenci makanan hingga bersumpah serapah jika menemukannya. Namun para ahli melihat, banyak orang yang menyukai dibanding tidak.

Orang tidak suka makanan biasanya karena pengalamannya sewaktu kecil atau penampilan makanan itu tidak menyenangkan. Padahal, dengan menahan diri makan jenis makanan tertentu bisa membuat orang kehilangan nutrisi yang sebenarnya sangat penting untuk kesehatan.

Berikut sejumlah makanan yang paling sering dibenci dan harus mulai disukai seperti dikutip TimesofIndia, Jumat (28/12/2012):

1. Jamur


Tidak ada alasan Anda tidak menyukai jamur, kecuali jika Anda alergi. Berusahalah terbiasa dengan rasa dan tekstur jamur, yang kaya protein serta Vitamin B, dan juga merupakan sayur yang secara alami mengandung Vitamin D.

2. Seledri


Sayuran renyah ini banyak mengandung nutrisi seperti vitamin K, kalium, dan asam folat, yang dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan juga rendah kalori. Blenderlah seledri dan menambahkannya ke sup.

3. Kubis Brussel


Sayuran ini kaya akan Vitamin K, C, dan Asam Lemak Omega-3. Kubis Brussel juga kaya zat pelawan kanker (glucosinolates).

Jika Anda ingin menggugah selera, pilihlah kubis yang segar dibanding yang beku, dan jangan terlalu lama memasaknya sehingga menghindari bau yang tidak menyenangkan.

4. Ikan

Bau ikan membuat sebagian orang menolak untuk memakannya. Belum lagi tekstur atau tulang yang membuat orang tak mau menyentuhnya.

Ubahlah pikiran Anda. Ikan memiliki sumber besar protein dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung dan otak.

Untuk membuat selera orang berselera dengan ikan, bumbui agar meningkatkan cita rasanya.

5. Tomat


Beberapa orang tidak menyukai tomat dalam bentuk apapun, sementara ada yang tidak suka dengan tomat mentah namun mau mengonsumsi jika sudah menjadi saus atau dimasak.

Penelitian mengatakan bahwa antioksidan lycopene lebih baik diserap oleh tubuh Anda bila dimakan dalam bentuk olahan / dimasak dibanding yang mentah. Likopen dikenal bisa melawan penyakit jantung dan kanker.

6. Brokoli


Sayuran ini kaya akan antioksidan. Jika sayuran ini dimasak dengan benar, orang tak akan ada yang menyangka kalau itu brokoli. Jadi, rebus brokoli dengan resep yang enak.

Atau Anda bisa memanggangnya sebentar dengan minyak zaitun, bawang putih, dan bumbu-bumbu.

7. Tahu


Tahu memiliki kandungan protein yang besar, antikolesterol dan mengandung phytoestrogen, yang dikenal membantu meringankan gejala menopause. Untuk memberikan beberapa rasa, para ahli merekomendasikan dibumbui dengan kecap sebelum dimasak.

8. Alpukat


Tekstur alpukat mungkin tampak tidak membuat selera, tapi buah ini sehat dan kaya akan vitamin E, asam lemak esensial, dan kalium. Alpukat bagus untuk jantung dan kulit.

Blender alpukat dengan jus lemon, minyak dan bumbu. Ini menjadi alternatif yang sehat untuk mayones.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini