Sukses

Cara Bertahan Ketika Dilanda Tekanan Mental

Masalah kesehatan mental saat ini sangat merajalela di kalangan penduduk perkotaan. Alasannya sangat jelas. Karena tekanan yang begitu keras dan hilangnya rasa realitas.

Masalah kesehatan mental saat ini sangat merajalela di kalangan penduduk perkotaan. Alasannya sangat jelas. Karena tekanan yang begitu keras dan hilangnya rasa realitas.

Unsur-unsur ini dapat menyebabkan beberapa gejala penyakit mental yang sangat berat.

Namun, memiliki tanda-tanda depresi atau masalah kesehatan mental lainnya tidak berarti bahwa Anda adalah orang gila. Juga tidak berarti bahwa Anda tidak ada harapan untuk hidup.

Bahkan jika Anda didiagnosa dengan masalah kesehatan mental, Anda bisa melawan dan menemukan jalan kembali untuk normal.

Banyak orang telah melakukannya dan Anda dijamin juga bisa seperti itu.

Seperti dilansir Boldsky, Kamis (27/12/2012) bahwa Anda cukup mengikuti 5 langkah sederhana di bawah ini:

1. Penerimaan adalah kunci

Sebagian besar dari kita enggan untuk mengakui kepada diri sendiri bahwa kita memang memiliki gejala penyakit mental. Alasannya adalah bahwa kita hidup dalam rasa takut dan penuh penyangkalan di masyarakat.

Tapi, Anda harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan Anda dan Anda tidak akan pernah sembuh.

Hal ini seperti batuk selama berbulan-bulan dan menolak untuk mengambil obat batuk untuk meringankan rasa sakit Anda.

2. Mintalah bantuan

Pada waktu tertentu dalam hidup kita, kita pasti membutuhkan bantuan. Jadi, jika Anda melihat tanda-tanda depresi atau penyakit mental lainnya dalam perilaku Anda, jangan ragu untuk mencari bantuan. Dalam kasus masalah kesehatan mental ini, Anda memerlukan nasihat dari seorang ahli konselor.

3. Sampai ke akar masalah

Tidak ada kehilangan kewarasan yang tanpa sebab yang benar. Anda juga pasti mempunyai alasan yang kuat untuk mengembangkan gejala penyakit mental. Anda perlu untuk menentukan masalah dan menghadapinya.

4. Jangan mencari jalan pintas

Jangan pergi ke dokter hanya untuk mendapatkan resep untuk obat tidur.

Pil akan memberikan ketenangan hanya sesaat. Ini bukan jalan pintas untuk mendapatkan ketenangan batin.

5. Pulang ke rumah orangtua

Keluarga Anda adalah pemberi dukungan paling baik ketika Anda berada di titik tertinggi dalam hidup.

Jangan pernah mengabaikan keluarga Anda. Karena keluarga adalah tempat yang paling baik untuk Anda menyelesaikan masalah hidup Anda. (ADT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini