6 Cara agar Resolusi yang Dibuat Bisa Tercapai

  • Info Sehat
  • 0
  • 22 Des 2012 11:17

resolusi121222a.jpg
Hanya beberapa hari lagi kita akan menyambut tahun baru. Banyak resolusi yang biasa dibuat. Bisa jadi ada resolusi yang belum tercapai di tahun ini, disisi lain ada resolusi baru yang harus tercapai di tahun depan.

Seperti dilansir Timesofindia, Sabtu (22/12/2012), menurut para ahli, resolusi merupakan penetapan tujuan dibarengi dengan usaha yang kuat.

E.J. Masicampo, Asisten Profesor Psikologi di Wake Forest University memberikan enam tips agar resolusi kita bisa tercapai.

1. Berkomitmen

Berkomitmen dalam merencakan sesuatu untuk mencapai tujuan tidak hanya membuatnya mungkin tapi harus ada upaya yang dilakukan.

2. Tetapkan rencana Anda

Bayangkan diri Anda sedang melakukan rencana yang Anda harapkan. Bila membayangkan Anda melaksanakan rencana yang ditetapkan, Anda akan lebih mudah menjalani.

3. Catat setiap kemajuan yang Anda alami

Monitor setiap kemajuan. Salah satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi standar Anda adalah untuk cari tahu seberapa baik Anda melakukannya.

Jika Anda sedang berdiet, menimbang diri sendiri atau rekam asupan kalori Anda sehari-hari. Jika gagal, biasanya akan memiliki energi untuk mengubahnya. Tanda-tanda keberhasilan juga akan mendorong Anda untuk terus berjalan.

4. Hindari pikiran egois bahwa hanya diri Anda yang harus mendapatkannya

Seperti ibarat membunuh dua burung dengan satu batu. Artinya, tujuan kita bersaing tidak sehat dan mengganggu orang lain. Cobalah bersaing sehat untuk menggabungkan keingainan anda dengan bersosialisasi.

5. Fokus pada tujuan

Tujuan baik kita biasanya akan menular ke orang lain. Jika orang lain mengejar tujuan yang sama dengan Anda, bukan tidak mungkin Anda juga bisa mendapatkannya.

6. Ubah sikap jadi kebiasaan

Setiap kali Anda melakukan sesuatu, Anda akan membuat lebih mudah melakukannya lagi nanti. Lakukan kegiatan tersebut hingga jadi kebiasaan yang tanpa Anda sadari akan mengubah Anda.

Masicampo juga menegaskan kalau perubahan kecil dalam melakukan sesuatu bisa membuat perbedaan besar di hasilnya.

"Kami sering melihat resolusi yang direncanakan oleh seseorang sering gagal," katanya.

"Tapi, penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam cara orang berpikir tentang dan mengelola tujuan mereka dapat membuat semua perbedaan," tambahnya.
(FIT/IGW)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler