Sukses

NASA: Isu Kiamat Membuat Kesehatan Jiwa Terganggu

ilmuwan senior NASA David Morrison beranggapan kalau isu kiamat mengganggu kesehatan jiwa

Ramalan suku maya mengatakan kalau pada hari Jumat besok 21 Desember 2012 akan kiamat. Mereka percaya kalau kalender maya akan berakhir, dan akan ada penyelarasan galaksi sehingga membuat pelepasan gravitasi yang bisa bisa menghancurkan bumi.

Seperti dilansir Thestar, Kamis (20/12/2012), suku maya percaya tanggal 21 Desember 2012, masyarakat akan berlari ketakutan di depan pintu. Kondisi pendidikan akan menurun dan ilmu pengetahuan ditinggalkan dan parahnya kiamat membuat masalah kesehatan masyarakat terganggu.

" Ini sangat mengganggu," kata ilmuwan senior NASA David Morrison yang menerima begitu banyak pertanyaan seputar kiamat di blog pribadinya.

"Blog ini awalnya hanya untuk menjawab pertanyaan publik mengenai studi tentang kehidupan di alam semesta. Hari ini, hampir semua menanyakan tentang bagaimana bumi bisa hancur, atau tabrakan planet dan lain-lain. Morrison menjelaskan jika ada sebuah planet yang akan menabrak bumi atau tabrakan planet lainnya, ini mengakibatkan langit lebih terang dibanding bulan dan matahari.

Beberapa tahun lalu, email yang masuk ke account pribadinya masih bisa dijawab satu persatu. Tapi saat ini setiap minggu, ia harus menerima ratusan email dengan pertanyaan yang sama seputar kiamat.

Menanggapi email tersebut, saya hanya bisa bilang, "Abaikan berita tersebut dan berpikir cerdas".

Banyak orang yang marah dan berusaha bunuh diri hanya karena mereka ketakutan. Salah satu orang yang bunuh diri itu bahkan masih berusia 11 tahun.

Bill Hudson, seorang IT profesional dari Cina yang juga astronom amatir dan pendiri situs 2012hoax.org membongkar kenyataan hari kiamat. Sepuluh tahun lalu, setelah ia mengajarkan astronomi untuk putrinya, banyak tawaran datang untuk menjelaskan seputar astronomi.

Di halaman websitenya, ia membongkar teori kiamat yang paling polpuler. hingga saat ini ada 30-40 orang yang membantu forum tersebut.

Hudson dan Morrison bertemu dalam acara konferensi. Hudson mengatakan kalau dia tidak suka atas apa yang dimanfaatkan orang lain dari sebutan hari kiamat. "Saya cemas kalau masyarakat tidak bisa berpikir kritis di saat sekarang ini".

"Kurangnya pendidikan ilmiah dan kurangnya pengetahuan masyarakat membuat masalah pada kesehatan masyarakat," kata Hudson.

"Masyarakat jadi cemas dan rentan dirasuki pikirannya membuat lemah mental, " Hudson menambahkan.

Hudson khawatir, ia ingat Gerbang Surga tahun 1997, ketika 39 orang bunuh diri secara massal di California dan ingin naik ke sebuah pesawat ruang angkasa seharusnya membuntuti komet Hale-Bopp.

"Sebuah bagian dari tipuan ini didasarkan pada ketidakpercayaan dasar ilmu pengetahuan dan pemerintah,  saya pikir itu yang paling mengganggu, karena itu meluas ke daerah lain."katanya.

Morrison dan Hudson bersemangat menunggu 22 Dec ketika mereka dapat kembali ke kehidupan normal mereka.

Ada terlalu banyak teori kiamat 2012 untuk menghilangkan prasangka yang berbeda secara individual, Ada tanggapan para ilmuwan  yang paling populer:

 * Tidak ada planet yang disebut Nibiru. Jika planet nibiru mendekati bumi dan bertabrakan dengan bumi, akan ada cahaya yang lebih terang dari matahari dan bulan di langit.

* Bumi tidak akan selaras dengan serangkaian planet Desember ini, dan jika itu tidak terjadi maka tidak akan terjadi kiamat.

* Satu siklus kalender Maya berakhir pada 21 Desember 2012. Siklus lain dimulai keesokan harinya. Suku Maya tidak memprediksi bahwa kiamat akan terjadi pada setiap hari itu.

(FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini