5 Jenis Teh untuk Turunkan Berat Badan

  • Diet
  • 0
  • 19 Des 2012 11:02

diet-teh121219a.jpg
Secangkir teh memang banyak manfaatnya, selain bisa menurunkan risiko stroke, radang sendi, kerusakan gigi, dan menurunkan risiko kanker. Para peneliti menunjukkan kalau teh bisa membantu menurunkan berat badan karena memiliki senyawa aktif yang bisa membakar lemak.

Seperti dilansir Timesofindia, Rabu (19/12/12), ada 5 jenis teh yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Teh Star Anise

Star Anise atau biasa disebut Bunga Lawang adalah rempah yang memiliki rasa mirip adas manis. Bunga ini biasanya diracik dalam bumbu tradisional Cina yang disebut Ngo Hiong. Bunga Lawang dalam bahasa Cina disebut juga ba jiao atau bat gok.

Bunganya berasal dari cemara kecil (lilicium Verum) yang dapat membantu masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, mual, dan lain-lain.Seduh bunga lawang dalam air panas selama 10 menit, saring dan berikan gula secukupnya. Jika anda sakit perut, coba minum teh ini secara perlahan.

2. Teh peppermint (mentol)

Teh mentol dan teh hijau, keduanya bisa membatu membakar kalori. Daun mint bisa digunakan untuk membuat teh. Aromanya yang menyegarkan bisa diminum panas atau dingin. Untuk membuat teh dari daun mint, ambil satu sendok makan daun mint segar atau kering dan masukkan ke air mendidih dan biarkan selama 4-5 menit, saring dan tambahkan madu jika diperlukan.

3. Teh hijau (Green tea)

Peneliti mengatakan kandungan kimia Epigallocatechin gallate (EGCG) pada teh hijau bisa menurunkan berat tubuh. Peneliti menemukan teh hijau bisa bantu membakar 70 kalori setiap hari. Teh hijau juga kaya antioksidan. Antioksidan dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu membakar lemak. Seduh teh selama 3 menit dengan suhu rata-rata 85 derajat celcius.

4. Teh mawar (Rose tea)

Salah satu teh favorit, teh mawar yang dibuat dari bunga mawar yang segar bisa membantu mencegah sembelit dan menurukan berat badan. Selain bisa membersihkan racun dan mempercantik kulit,  teh mawar mengandung vitamin A, B3,  C, D dan E yang bisa melawan penyakit terutama infeksi.

5. Teh Oolong

Penelitian menemukan  kalau teh oolong merupakan semi-fermentasi  yang efeknya lebih kuat dibanding teh hjijau,yang bisa membantu pembakaran lemak, mengurangi kolesterol dan membuang lemak dalam tubuh.  Teh Oolong dianjurkan diminum sehari dua cangkir. Seduh teh oolong 30 detik sampai lima menit,  untuk tubuh sehat. (FIT/MEL)
Terpopuler