Sarapan Terburuk yang Sering Dikonsumsi Orang

  • Diet
  • 0
  • 19 Des 2012 06:18

sarapan-terburuk121218a.jpg
Awali hari Anda dengan yang sehat-sehat. Ketika datang pagi hari, sangat mudah untuk tidak memikirkan apa yang hendak dimakan. Tapi memilih makanan sehat pada pagi hari bisa mengatur suasana hati Anda dalam melalui sisa hari Anda.

Tidak hanya itu, sarapan yang sehat setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit seperti diabetes dan kanker.

Ahli Diet, Jean LaMantia, membeberkan makanan yang perlu dihindari saat sarapan seperti dikutip dari Besthealthmag, Selasa (18/12/2012).

1. Bacon, Ham, dan sosis

"Daging olahan memiliki nitrat yang berhubungan dengan kanker kolorektal," kata LaMantia.

"Bahkan American Institute for Cancer Research menerbitkan 10 hal teratas yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker. Menghindari nitrat adalah salah satunya," tambahnya.

Lantas apa artinya bagi pecinta daging di pagi hari? Sudah waktunya menemukan pilihan sarapan yang berbeda.

2. Sereal manis

"Beberapa sereal penuh karbohidrat dan gula," kata LaMantia. "Ketika Anda makan, gula darah Anda akan meningkat tajam dan  kemudian turun".

Anda tentu tidak ingin energi Anda terganggi pada awal hari Anda. Yang terbaik, hindari sereal. Sebaliknya, pilihlah sereal dengan protein dan serat yang tinggi.

Pilihan lain? "Tambahkan walnut atau flaxseed untuk lebih banyak serat dan protein."

3. Toaster, donat, dan danis

"Kue-kue ini tidak hanya dibuat dengan tepung putih halus, tapi ada tambahan gulanya," kata LaMantia.

Gula merupakan bahan bakar terburuk di pagi hari. Soalnya, bisa meningkatkan dengan pesat gula darah seseorang.

Itu berarti Anda akan lapar lebih cepat, dan meningkatkan kesempatan Anda untuk mengalami gula darah yang tinggi, obesitas, dan diabetes.

Jika semua risiko kesehatan itu tidak cukup membuat Anda pergi kue, ada cara lain mereka merugikan kesehatan Anda. "Banyak ilmuwan percaya gula dan kanker yang terkait," kata LaMantia.


4. Pancake dengan sirup maple buatan

Sirup maple alami merupakan pemanis yang sehat. Di pasaran banyak sirup buatan yang tinggi frukrosa sirup jagung. Pemanis yang berasal dari jagung juga ada dalam makanan yang dikemas.

"Tingginya fruktosa di sirup jagung bisa menyebabkan obesitas di perut dan banyaknya lemak visceral yang disimpan di antara organ," kata LaMantia. "Itulah lemak yang mengarah ke kanker".

Sebuah penelitian di journal Global Public Health menghubungkan tingginya fruktosa di sirup jagung dengan diabetes tipe2

5. Makanan apa yang baik untuk sarapan?

"Secara umum, yang terbaik mencari gandum dengan protein," kata LaMantia.

Dia merekomendasikan oatmeal dengan biji rami, kenari, kayu manis, minuman kedelai (atau susu skim) dan buah.

Untuk LaMantia, ia mempunyai sarapan favorit berupa bagel yang renyah dengan mentega almond dan selai, sedikit kayu manis.

"Pumpernickel adalah gandum, mentega almond tinggi akan vitamin E dan protein, dan kayu manis membantu resistensi insulin yang lebih rendah".(MEL/IGW)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler