Sukses

6 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Rambut

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut kita tetap bagus. Selalu menjaga kesehatan dan banyak minum air putih.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut kita tetap bagus. Selalu menjaga kesehatan dan banyak minum air putih.

Nutrisi untuk rambut juga bisa didapatkan dari makan. Ada juga 6 makanan penting yang bisa menutrisi rambut Anda agar tetap sehat seperti dilansir Timesofindia, Sabtu (15/12/2012).

1. Salmon

Khasiat ikan salmon memang dari dulu dipercaya bisa menyehatkan. Kandungan omega-3 yang tinggi dari ikan salmon dapat membuat jantung sehat dan bisa mengembalikan kilau rambut Anda yang sebelumnya tampak kusam. Selain itu, kandungan vitamin B 12 dan zat besi juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Kekurangan omega-3 bagi rambut dapat membuat kulit kepala kering.

2. Telur dan ayam

Telur dan ayam memiliki protein yang tinggi. Rambut dan kuku terbuat dari protein. Telur kaya akan vitamin B, terutama B12 dan B7 (biotin) dan ayam merupakan sumber kaya protein dan membantu memperkuat rambut rapuh. Kekurangan protein di dalam tubuh dapat menyebabkan kuku dan rambut mudah patah, serta lemak berlebihan. Akibatnya rambut jadi mudah lepek dan kotor.

3. Daging sapi dan tiram

Daging sapi dan tiram merupakan sumber kaya zinc atau zat besi, itulah sebabnya makanan ini sangat membantu dalam meningkatkan penampilan rambut. Kekurangan zat besi bisa jadi penyebab rambut rontok, jadi jangan masukkan daging sapi dan tiram dalam daftar diet Anda. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu oksigen diserap tubuh. Zat besi juga membantu mengurangi uban di rambut.

4. Kacang-kacangan terutama almond

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond kaya akan omega 3 untuk rambut rontok.

5. Lentil

Lentil adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Seperti halnya jenis kacang-kacangan lainnya, lentil juga diperkaya dengan asam folat, vitamin B, zat besi, kalsium dan juga sumber protein yang baik bagi tubuh. Dalam tubuh, lentil juga bersifat antioksidan sehingga efektif mencegah masuknya radikal bebas dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Asam folat juga penting untuk pertumbuhan rambut dan pembaharuan sel pada rambut.

6. Wortel

Hampir semua orang tahu bahwa wortel banyak mengandung vitamin A.  Vitamin A pada rambut bisa mendorong pembentukan sebum (minyak) di kulit kepala. Sebum penting untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap lembab. Kelenjar minyak pada rambut yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat, kerusakan kulit kepala dan ketombe.(FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini