Sukses

Anak Inggris Gemuk-gemuk, Pemerintah Dibikin Pusing

Pemerintah Inggris dibikin pusing dengan makin banyaknya jumlah anak-anak yang mengalami kegemukan alias obesitas. Anak yang gemuk berpotensi mengalami kegemukan pula saat ia dewasa.

Pemerintah Inggris dibikin pusing dengan makin banyaknya jumlah anak-anak yang mengalami kegemukan alias obesitas. Anak yang gemuk berpotensi mengalami kegemukan pula saat ia dewasa.

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO peningkatan jumlah penderita obesitas di Inggris semakin meningkat. Di Inggris sendiri, 23,9  persen yang menderita obesitas adalah orangtua. Sedangkan untuk anak-anaknya tercatat 30 persen lebih menderita obesitas.

Selama 6 tahun belakangan ini sebanyak 33,9 persen anak yang berusia 10 sampai 11 tahun memiliki bobot badan dari ukuran normal yang seharusnya dimiliki oleh siswa-siswa tersebut.

Hasil ini didapat melalui analisis yang dilaksanakan oleh Pusat Informasi Kesehatan dan Sosial di Amerika. Menurut para peneliti angka-angka meningkat dari tahun lalu.

Menurut para peneliti, anak-anak itu sebelumnya mengikuti Program Pengukuran Anak Nasional yang memeriksa tinggi dan berat badannya. Program ini sendiri diikuti oleh lebih dari satu juta anak di Inggris.

"Ini penting untuk ditindak sekarang. Delapan puluh persen dari anak-anak yang obesitas kelak akan menjadi orang dewasa yang gemuk pula," kata ketua Asosiasi Manajemen Obesitas, Graham Rowan, seperti dilansir The Sun, Kamis (13/12/12).

Kelebihan berat badan ini takutnya akan merusak kesehatan pada anak lebih serius. Tindakan yang harus dilakukan para orangtua adalah memberikan kepada anak-anaknya hidup yang lebih baik lagi.

Caranya dengan memberikan anak-anaknya makanan yang sehat, bukan makanan cepat saji. Dan yang pasti, pemerintah menyarankan untuk para orangtua aktif membawa anaknya berolahraga. (ADT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.