Sukses

Pisau Dapur Bisa Sebarkan Virus, Jangan Lupa Rajin Mencucinya

Anda yang ingin menyiapkan makanan jangan lupa mencuci tangan. Cara ini bisa mencegah penyebaran penyakit akibat virus. Apalagi virus yang tak terlihat mungkin ada di pisau dapur Anda.

Anda yang ingin menyiapkan makanan jangan lupa mencuci tangan. Cara ini bisa mencegah penyebaran penyakit akibat virus.  Apalagi virus yang tak terlihat mungkin ada di pisau dapur Anda.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (11/12/2012), para peneliti di Center for Food Safety di University of Georgia menggunakan pisau baru untuk enam jenis buah dan sayuran yang telah diolesi dengan virus hepatitis A dan bakteri 'muntah' yang disebut norovirus.

Lebih dari setengah peralatan ternyata terkontaminasi dengan kontak virus ini. Penelitian dilakukan pada mentimun, stroberi, tomat, wortel, dan melon.

Jenis pisau yang digunakan seperti bergerigi, tajam, tumpul. Namun menurut makalah yang diterbitkan  journal Food and Environmental Virology, jenis pisau tidak bermasalah.

Penulis Marilyn Erickson mengatakan, temuan ini bisa menjadi penting bagi orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Peneliti merekomendasikan untuk mencuci pisau atau parutan setiap digunakan untuk masing-masing sayuran.

Namun, akan lebih bijaksana untuk mencuci (peralatan masak) dengan hati-hati di antara waktu makan ketimbang meninggalkannya di meja, yang sering dipikir itu tidak kotor.

"Gunakan mesin pencuci piring atau di dishwater dengan suhu," katanya.

Penelitian sebelumnya lebih menjelaskan kontaminasi peralatan dapur karena bakteri, bukan virus.
 
Sebuah studi pada 2011 menemukan, norovirus adalah penyebab utama penyakit dari makanan di Amerika Serikat. Menelan sedikit saja antara satu dan 100 partikel norovirus bisa menyebabkan muntah atau diare.(MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini