Sukses

10 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Sebelum Masuk Umur Dewasa

Ketika masih muda, mungkin Anda belum pernah mengalami ketakutan mengenai kesehatan. Namun kebiasaan tidak sehat itu bisa merusak tubuh Anda.

Ketika masih muda, mungkin Anda belum pernah mengalami ketakutan mengenai kesehatan. Namun kebiasaan tidak sehat itu bisa merusak tubuh Anda.

Masa remaja ini bisa dibilang  waktu yang paling penting dalam hidup Anda untuk mulai membiasakan hidup sehat.

Seperti dikutip dari huffingtonpost, Senin (10/12/12) berikut hal penting yang harus dilakukan sebelum usia 20 tahun karena efeknya untuk jangka panjang:

1. Belajarlah mencintai sayuran
Belajarlah mencintai sayuran dan tubuh Anda akan mencintainya. Yang peling penting, sayuran dikemas dengan serat dan vitamin juga nutrisi yang bisa membuat sistem pencernaan baik, mengontrol berat badan dan menjadikan organ tubuh Anda sehat.

2. Jaga kesehatan kulit Anda
Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan SPF ketika masih muda, kulit Anda tentunya akan berterima kasih pada Anda. Gunakan sunblock ketika ke pantai dan berada di bawah sinar matahari sepanjang hari walaupun hanya 30 menit. Walaupun cuma beberpa menit, Anda sudah mencegah kanker kulit. Kulit Anda juga akan lebih baik karena dilindungi sejak muda.

3. Batasi konsumsi gula
Banyak penelitian yang mengatakan bahwa gula adalah racun dan sulit dicegah jika sudah dikonsumsi secara berlebihan. Kurangi juga konsumsi soda, makanan ringan dan makanan penutup yang bisa menyebabkan diabetes dan penyakit kronis.

4.Olahraga
Seperti makan sayuran, kesehatan juga harus disertai latihan terus menerus. Latihan kardio untuk mejaga berat badan, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati dan energi dan meningkatkan kualitas tidur agar lebih baik. Biasakan diri Anda untuk berlari, berenang,  bersepeda atau apa pun  yang Anda sukai.

5. Tidur cukup
Bukan hal yang mengejutkan bahwa banyak remaja mengalami susah tidur, tetapi apa yang Anda mungkin tidak sadari adalah kurangnya tidur dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan perbedaan sikap dan tantangan emosional dan kinerja yang buruk di sekolah.  Penelitian juga menemukan hubungan antara kurang tidur yang bisa memicu obesitas.

6. Kendalikan waktu Anda di depan monitor
Terlalu sering berada di depan monitor televisi atau komputer dapat membuat efek buruk bagi mata Anda. Penelitian menunjukkan ketagihan internet  dapat merusak fungsi kognitif pada remaja. Pastikan untuk istirahatkan mata Anda dari layar monitor televisi atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur juga bisa membantu meningkatkan  kualitas tidur.

7. Sarapan pagi
Sarapan pagi merupakan hal paling penting setiap harinya. Makan cemilan yang sehat di pagi hari bisa menjaga metabolisme tubuh dan membantu mengontrol berat badan. Perpaduan antara protein, lemak dan karbohidrat pada pagi hari bisa membantu fokus di kelas. Jadi buatlah sarapan pagi setiap hari, tapi secangkir kopi di pagi hari tidak disarankan.

8. Banyak minum air putih
Hal yang sering kita dengar jutaan kali: minum delapan gelas air putih setiap hari. Walaupun sepertinya bukan masalah besar, selalu minum air putih bisa menurunkan risiko sakit ginjal, memperbaiki penampilan kulit Anda, dan memberikan energi pada otot lelah. Bawalah selalu botol minum di tas Anda.

9. Jauhi rokok
Rokok bukan alasan yang baik, disamping bisa menyebabkan kanker, merokok juga menyebabkan sulit bernapas, penyakit  pencernaan, penyakit paru-paru, gigi kuning, bau mulut dan masalah lain yang bisa mengancam kesehatan Anda. Jangan berpikir bahwa Anda bisa santai merokok ketika  masih muda dan berhenti ketika tua. Jika Anda peduli kesehatan Anda, lebih baik jauhi rokok dari sekarang.

10. Dengarkan tubuh Anda
Tidak ada yang tahu tubuh Anda melainkan Anda sendiri. Coba sekali-sekali cek diri Anda untuk mengetahui apakah merasa ada yang kurang baik. Sering sakit perut misalnya, ini bisa jadi adanya laktosa yang tidak bisa ditolerir atau adanya alergi makanan lainnya. Sering terbangun pada malam hari juga bisa disebabkan oleh gaya hidup stres. Coba cek diri Anda terlebih dahulu sebelum pergi ke orang tua atau dokter jika anda membutuhkan bantuan. (FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini