Sukses

Tendang Pikiran Negatif dengan 10 Cara Ini

Berpikir negatif itu lebih mudah ketimbang selalu berpikir positif. Padahal berpikiran positif itu lebih sehat. Bagaimana caranya supaya selalu berpikiran positf?

Berpikir negatif itu lebih mudah ketimbang selalu berpikir positif. Padahal berpikiran positif itu lebih sehat. Bagaimana caranya supaya selalu berpikiran positf?

Menjadi orang yang berpikiran positif dapat mengurangi stres, menguatnya sistem kekebalan tubuh yang tentunya akan membuat tubuh lebih sehat.

Tapi itupun bukan sesuatu yang mudah, karena perasaan khawatir,  cemas, gelisah dan pikiran negatif itu sebenarnya selalu ada dalam kehidupan kita.

Salah satu dari banyak hal indah tentang berpikir positif adalah bahwa setiap orang dapat memperolehnya dengan sedikit motivasi  dan rasa humor.

Berikut ini adalah 10 cara menjadi orang yang berpikir positif seperti dilansir dari Huffingtonpost, Senin (10/12/2012):

1. Latihan bersyukur
Ingat semua hal baik yang Anda miliki, buat segalanya menjadi mudah, jangan fokus pada apa yang tidak Anda miliki. Bersyukurlah dengan apa yang Anda miliki daripada berkutat dengan kekurangan Anda.

2. Kelilingi diri dengan orang yang mendukung Anda
Salah satu hal yang bisa meminimalisir pikiran negatif adalah adanya dukungan dan dorongan dari orang yang bisa melihat sisi terbaik dari Anda yang akan membantu Anda melihat apa yang terbaik bagi diri.

3. Hidup ini bukan drama
Hindari teman yang berpikir negatif dan katakan selamat tinggal pada pacar yang membuat Anda lemah. Minimalkan energi negatif di lingkungan Anda merupakan prasyarat untuk mengatasi hal negatif dalam pemikiran Anda.

4. Menjadi tanggung jawab
Biasanya Anda berpikiran negatif karena selalu berpikir Anda adalah korban. Padahal dari sisi lain, Anda bisa mencoba bertanggung jawab dari segala risiko yang bisa membuat Anda bisa menjadi bahagia. Bentuk pikiran Anda setiap harinya walaupun mingkin kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi.

5. Ubah pikiran Anda dari "tidak bisa" menjadi "bisa"
Ini salah satu latihannya, ubah struktur kata negatif menjadi positf (dari mengapa saya selalu buruk dalam ujian kimia, tidak bisa diharapkan, tapi aku tahu ujian selanjutnya akan lebih baik") ini adalah kunci dari persepsi tidak bisa menjadi bisa. Kondisi ini untuk bisa melihat kesempatan dan lihat apa yang tidak ada sebelumnya.

6. Menjadi orang baik
Buat diri Anda menjadi lebih baik dan saling memaafkan akan membantu Anda menjadi lebih santun dan ketika teman Anda memaafkan itu akan menjadi motivasi positif ke depannya. dan jika Anda percaya karena hal tersebut bisa saja terjadi.

7. Temukan titik/garis abu-abu
Ketika semua keadaan tidak jelas baik atau buruk, kita hanya bisa menggambarkan keadaannya. Maksudnya, ketika kita memiliki kekuatan untuk memilih dan melihat  apa yang menjadi seharusnya jalan kita, fokuslah pada pikiran postif dalam hidup Anda.

8. Jangan terburu-buru
Lakukan yoga seminggu sekali atau cobalah mediasi kira-kira 10 menit sebelum tidur setiap malam karena itu bisa membuat Anda untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan Sehingga Anda dapat mengamati dan mengenali pola pikir Anda. Bahkan hanya dengan berjalan-jalan di alam dan tariklah napas dalam-dalam dapat membantu mengatur ulang otak Anda dan membersihkan kekhawatiran yang tidak perlu.

9. Terapkan pikiran Anda
Menjadi kapten kapal Anda sendiri adalah suatu keharusan  dalam mengembangkan pandangan positif. Alih-alih khawatir apa yang orang lain pikirkan tentang Anda dan mencoba untuk hidup sampai standarnya membuat Anda memutuskan sendiri siapa yang Anda inginkan dan apa yang ingin Anda  capai. Mengikuti  jalan Anda sendiri akan  memberikan dorongan kepercayaan diri dan harga diri yang membuat masa depan dan masa kini agar tampak lebih cerah.

10. Tertawalah
Tertawakan diri Anda sendiri, lihat kesempatan untuk bermain dan nikmati humor, dan buatlah candaan lain yang dapat membuat Anda menjadi optimisTis. Tertawa juga bisa mengurangi stres dan jangan terlalu menganggap semuanya serius. (FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.