Biar Tak Kena Serangan Jantung, Ingat Cara Makan Ini

  • Fit
  • 0
  • 05 Des 2012 09:21

serangan-jantung121204c.jpg
Untuk orang yang menderita penyakit jantung sering kali mengonsumsi berbagai macam obat untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah agar dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

Namun ada fakta bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat ternyata dapat juga mengurangi risiko seseorang untuk terkena serangan jantung atau stroke. Ini juga menurunkan risiko kematian.

Makanan apa yang harus dikonsumsi?

Pola makan yang dianggap sehat untuk jantung apabilan orang tersebut mengikuti rekomendasi diet yang dianjurkan oleh para dokter.

Biasanya, yang lebih banyak dikonsumsi adalah buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk daging-dagingan, disarankan untuk lebih sesering mungkin mengonsumsi ikan ketimbang daging sapi, kambing, domba, dan lain-lain.

Seperti dilansir foxnews, Rabu (5/12/12), ternyata, orang yang berdiet dengan cara menjaga asupan makanan yang dimakan memiliki nasib yang baik. Jantung peserta tersebut diperkirakan jauh dari risiko kematian. Sedangkan sisanya, berpotensi mengalami serangan jantung yang berakibat pada kematian.

Seorang peneliti mengatakan, "Orang Amerika yang bernasib baik biasanya mengonsumsi empat porsi buah-buahan per hari, lima prosi sayuran, satu porsi kacang atau protein kedelai, dan jenis makanan lain yang dianjurkan oleh dokter."

"Orang-orang yang memilih diet sehat kemungkinan besar hidupnya lebih lama dan lebih aktif serta gesit. Terlebih lagi apabila orang tersebut tidak merokok.  Sedangkan orang yang lebih memilih meminum alkohol, cenderung lebih riskan dan bersusah payah untuk berubah. Dan itu cukup susah," kata ahli gizi, Mahsid Dehgan, dari Population Health Research Institute di Mc Master University, Kanada.

Lebih lanjut ia mengatakan, "Diet sehat menawarkan banyak manfaat yang sangat konsisten daripada manfaat yang didapat dari meminum obat." (ADT/IGW)
Terpopuler