by

Yang Terjadi di Tubuh Ketika 10 Gerakan Aneh Ini Muncul

  • Info Sehat
  • 0
  • 04 Des 2012 07:32
Gerakan aneh terkadang muncul di tubuh kita. Mulai dari pegal-pegal, mata berkedut, atau cegukan. Namun apa yang terjadi pada tubuh saat itu terjadi.

Berikut rinciannya seperti dikutip BodySoul,Selasa (4/12/2012):

1. Cegukan

Gerakan ini terjadi ketika diafragma mengganggu. "Diafragma adalah lembaran tipis dari otot yang memisahkan lapisan dada dari perut," kata Dr Leon Massage, Jubir Australian Medical Association. "Ini bisa karena gangguan listrik kecil, alergi ringan, atau sesuatu yang Anda makan mengesalkan"

Obatnya: Ambil napas dalam-dalam dan tahan. "Itu mendorong diafragma ke bawah dan membentang itu," kata Massage.

2. Kedutan saat tidur

Saat tidur, mata Anda kedutan. "Ini disebabkan oleh pelepasan saraf selama fase cepatnya gerakan mata saat tidur," kata Massage.

"Selama fase itu, Anda menggerakkan di sekitar dan bola mata Anda bergerak masuk dan keluar. Ini tidak perlu khawatir. "

3.Perut Anda bergemuruh

Hal ini disebabkan oleh gas dan cairan yang bergerak melalui usus Anda.

"Banyak orang tidak menyadari bahwa sebagian besar waktu makanan terutama ketika melalui cairan lambung dan usus," kata

Dr Ronald McCoy, juru bicara Australian College Royal of General Practitioners. "Dinding otot dari usus berkontraksi dan mendorong, meremas cairan bersama, dan ketika itu terjadi Anda kadang-kadang mendengar suara."

4. Anda pegal-pegal

Mengapa ketika olahraga kerap merasa nyeri. "Kami pikir itu terkait dengan terbangunnya asam laktat dan latihan berlebihan dalam jangka waktu yang singkat," jelas Message.

"Jika Anda sudah latihan berlebihan, Anda cenderung menggunakan semua glikogen, pasokan gula di otot, dan otot Anda mulai menggunakan protein dan hal-hal lain. (Yang mengarah) terbangunnya asam karena itu tidak cukup dibersihkan dengan cepat dari daerah yang dapat menyebabkan pegal".

Respons terbaik adalah untuk berhenti berolahraga, ambil napas dalam-dalam dan minum segelas air.

5.Anda merasa kembung

Jika perut Anda kembung, Anda bisa memiliki makanan tertahan di usus, intoleransi makanan yang menyebabkan gas berlebih, atau mungkin kasus yang dokter sebut 'menelan udara kronis'.

"Orang-orang yang stres sering menelan oksigen turun dengan makanan mereka dan menghasilkan perasaan kembung," kata Massage.

6. Migrain

Sakit kepala ini disebabkan oleh konstriksi pembuluh darah.

"Ada arteri seluruh otak yang tiba-tiba kontrak dan kemudian relaks dan dapat menyebabkan sejumlah nyeri yang parah," kata McCoy. "Bagi sebagian orang, itu dipicu oleh makanan tertentu dan untuk beberapa wanita, itu berangkat dari hormon. Pada orang lain, kita tidak pernah menemukan pemicu".

7. Perut begah

Ketika perut panik karena sistem saraf simpatik mempersiapkan tubuh kita untuk 'fight-or-flight' maka akan terasa berat.

"Tubuh mengorbankan metabolisme dan pencernaan untuk mendapatkan suplai darah yang cukup ke otot-otot," kata Massage. "Ketika suplai darah ke perut dialihkan, Anda mendapatkan perasaan, menggerogoti kosong di perut Anda."

8. Kram otot

Kram adalah kontraksi otot yang berkelanjutan, sering karena asam laktat, ketidakseimbangan garam atau kekurangan magnesium. Berolahraga dalam kelembaban dapat menyebabkan mereka karena keringat berlebih merampas tubuh Anda dari garam.

"Atlet sering diberikan tablet garam atau magnesium, tapi saya tidak akan merekomendasikan ekstra garam untuk prajurit di akhir pekan," kata Massage.

McCoy mengatakan: "Jika Anda melakukan peregangan di pagi dan sore hari, setelah beberapa hari kram Anda akan pergi."

9.Merinding

Sama seperti nenek moyang kita kera, otot di dasar rambut kita aktifkan untuk membuat rambut berdiri ketika kita dingin atau takut.

"Ketika hewan marah, rambut di bagian belakang leher mereka naik untuk menakut-nakuti musuh," kata Dr Massage Leon.

"Pelepasan hormon stres pada manusia melakukan hal yang sama. Kami tidak memiliki banyak rambut, sehingga menyebabkan rambut berdiri".

Ini adalah sama ketika kita dingin. "Tubuh mencoba untuk tetap hangat dengan mendapatkan rambut untuk mengangkat untuk menjaga panas dalam, [tetapi] tidak bekerja untuk kami."

10. Bulu mata kedutan

Banyak orang mungkin merasa aneh dan dokter mengatakan kedutan bulu mata hanya spasme otot-otot kecil di kelopak mata. "Hal ini dapat disebabkan oleh apa saja mulai dari kelelahan yang amat sangat smapai kebanyakan kafein," kata McCoy. Jika itu terus terjadi, cobalah untuk tidur lebih, menghentikan kopi dan memijat kelopak mata Anda dengan lembut. (MEL/IGW)
Comments
Sign in to post a comment