Sukses

Jalan Kaki dan Sepedaan ke Sekolah Bikin Anak Lebih Konsentrasi

Berjalan kaki atau bersepeda bisa bagus untuk meningkatkan konsentrasi anak-anak. Dengan berolahraga sebelum sekolah, konsentrasi anak-anak semakin tinggi.

Berjalan kaki atau bersepeda bisa bagus untuk meningkatkan konsentrasi anak-anak. Dengan berolahraga sebelum sekolah, konsentrasi anak-anak semakin tinggi.

Penelitian dari universitas di Kopenhagen dan Aarhus menemukan, anak-anak yang ke sekolah dengan menggunakan transportasi umum mendapatkan nilai yang rendahdalam tes konsentrasi terukur dibandingkan anak-anak yang berjalan atau bersepeda ke sekolah.

Penelitian itu melibatkan 19.527 siswa antara usia 5 dan 19 tahun. Peserta ditanya tentang diet mereka dan kebiasaan berolahraga. "Olahraga dengan menggunakan transportasi sendiri ke sekolah menggambarkan konsentrasi yang tinggi setelah sekitar empat jam kemudian," kata Niels Egelund, penulis penelitian seperti dikutip dari Medicaldaily, Selasa (27/11/2012).

Hasil penelitian ini mengejutkan para peneliti. Soalnya, penelitian awalnya ingin mengetahui hubungan antara sarapan dan konsentrasi di sekolah."Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarapan dan makan siang memiliki dampak, tetapi tidak terlalu banyak dibandingkan dengan olahraga," kata Egelund.

Egelund menambahkan, kemampuan seorang anak di kelas tiga yang bersepeda ke sekolah sama baiknya dengan orang yang setengah tahun lebih tinggi dalam studi mereka. "Kebanyakan orang tahu setelah olahraga perasaan menajdi segar, tapi efek yang mengejutkan berlangsung begitu lama," kata Egelund.

Sebuah studi terbaru dari Australia telah menemukan bahwa anak-anak yang aktif lebih cenderung ramping dan sehat bila dibandingkan dengan anak-anak yang tidak aktif. Peneliti menyarankan, lebih baik mendorong anak-anak untuk banyak berolahraga karena lebih baik dibandingkan membatasi diet mereka.

Anak-anak yang melibatkan diri dalam aktivitas fisik seperti olahraga juga ditemukan cenderung lebih bahagia dibandingkan anak-anak yang menghabiskan banyak waktunya hanya untuk duduk.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini