Tenggorokan Sakit? Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini

  • Info Sehat
  • 0
  • 20 Nov 2012 16:02

tenggorokan121120b.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Saat musim hujan tiba, sakit tenggorokan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering diderita seseorang. Perubahan cuaca membuat tenggorokan menjadi gatal dan sakit.

Sakit tenggorokan sering disertai batuk-batuk. Minum teh herbal, obat batuk, dan makan makanan yang tepat bisa menyembuhkan sakit tenggorokan. Tapi ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari.

Inilah beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari ketika sakit tenggorokan seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (20/11/2012):

1. Makanan pedas

Orang sering berpikir, makanan pedas bisa mengobati batuk dan pilek. Namun makanan pedas masuk dalam daftar makanan yang bisa menambah sakit tenggorokan.

Makanan pedas hanya membuat sakit tenggorokan semakin memburuk. Cabe, cengkeh, lada hitam, pala, dan rempah-rempahan lainnya bisa membahayakan sakit tenggorokan.

2. Makanan asam

Misalnya saja asam jawa, acar, dan jeruk. Makanan asam hanya membuat tenggorokan menjadi gatal dan menyakitkan. Hindari buah jeruk, jus lemon, asam jawa, dan makanan jalanan yang bisa membuat tenggorokan sakit. Bahkan makanan dengan cuka juga buruk buat tenggorokan.

3. Produk susu


Banyak orang yang menyarankan minum segelas susu panas untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun, produk susu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan. Jika Anda menderita sakit tenggorokan, hindari makanan yang dibuat dengan susu.

4. Makanan kering


Jika Anda sakit tenggorokan, jangan makan makanan yang kering. Ini tidak hanya membuat Anda sulit menelan makanan kering, tapi juga bisa menyakitkan. Hindari buah-buahan mentah, sereal, kacang-kacangan, dan biskuit jika Anda sakit tenggorokan. Rendam atau masak makanan sehingga mereka menjadi mudah ditelan dan tidak menyakitkan.

5. Kafein


Secangkir kopi panas atau cokelat panas bisa membantu namun hanya sementara. Tak lama kemudian, tenggorokan menjadi lebih gatal dan menyakitkan. Jadi, hindari minuman yang dibuat dengan kafein untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Daripada menghirup secangkir kopi panas, lebih baik pilih teh jahe herbal. Anda cukup minum air hangat untuk menghindari rasa sakit tenggorokan dan gatal.

6. Alkohol


Rum atau brendi bisa membuat Anda merasa hangat di musim dingin, tetapi buruk untuk tenggorokan. Hindari mengonsumsi alkohol dingin jika ingin sembuh dari sakit tenggorokan.(MEL)
Terpopuler