Sukses

Mau Jadi Pilot, Cium Dulu Ketiaknya Bau atau Tidak

Salah satu aturan maskapai penerbangan di Cina dalam merekrut pilot sedikit unik. Calon pilot tidak boleh badannya bau. Untuk mengeceknya, staf perusahaan rela mencium ketiak pelamar.

Liputan6.com, Beijing: Seseorang akan berpikir Anda harus tinggi, berpenampilan menarik dan fasih berbahasa Inggris jika ingin menjadi seorang pilot. Tapi ada satu aturan lagi yang diterapkan maskapai penerbangan di Cina, pilot harus bebas bau badan.

Hainan Airlines memperkenalkan persyaratan zero body odour dalam wawancara rekrutmen pelamar. Demi mengecek bau badan, staf perusahaan rela mengendus ketiak pelamar yang tidak mengenakan baju. Jika badan berbau, maka calon itu gagal mengikuti proses rekrutmen.

Perusahaan percaya, calon yang badannya bau mengindikasikan ketidakmampuannya mengatasi tekanan, yang tidak diinginkan dari seorang pilot. Namun aturan maskapai tersebut memicu kontroversi.

Seorang pelamar mengatakan kepada AsiaOne kalau ia kecewa. Gara-gara bau badan ia gagal ikut seleksi, Rabu (14/11/2012).

"Saya melewati segalanya, tapi saya ditakdirkan oleh ketiak saya, yang selalu agak berbau," katanya.

Pejabat perusahaan mengklaim, staf maskapai berinteraksi dengan masyarakat dan penumpang yang tidak ingin bersama seseorang yang berbau badan selama perjalanan mereka.

"Jika mereka bisa tetap tenang dalam tes ini, mereka tidak akan berkeringat di kokpit," ujarnya.

Menurut AOL News, China baru-baru ini merekrut ribuan personel penerbangan dan industri penerbangan secara drastis meningkatkan standar pelatihan. Namun apakah persyaratan kebersihan menjadi langkah yang baik?(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.