Sukses

Trik Menurunkan Berat Badan untuk Ibu Menyusui

Ibu yang baru melahirkan biasanya mengalami kenaikan berat badan yang lumayan. Dan untuk menurunkannya amat sulit. Ini triknya.

Liputan6.com, Jakarta: Ibu yang baru melahirkan biasanya mengalami kenaikan berat badan yang lumayan. Dan untuk menurunkannya amat sulit. Ini triknya.

Meski butuh beberapa waktu untuk menyingkirkan timbunan lemak di perut selama kehamilan, Anda jangan berkecil hati dulu.

Berikut cara ibu menyusui menurunkan berat badannya usai melahirkan seperti dikutip laman onlymyhealth, Kamis (25/10).

A. Menyusui: Cara yang paling sehat menurunkan berat badan dengan menyusui karena bisa membakar sekitar 200-500 lebih kalori seharinya.

Untuk penurunan berat badan, menyusui harus didampingi dengan metode penurunan berat badan post-partum seperti yoga dan latihan moderasi.

B. Berolahraga: Berolahraga setelah kehamilan memberikan beberapa manfaat selain penurunan berat badan. Ini termasuk meringankan depresi usai melahirkan. Bagian terbaik dari olahra penurunan berat badan usai melahirkan tidak mengganggu menyusui seperti diet.

Berikut beberapa pencegahan yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui sebelum berolahraga:
  1. Hanya melakukan olahraga berdampak rendah seperti berjalan, berenang atau yoga.
  2. Mereka yang mengalami kelahiran alami atau operasi caesar harus menunggu setidaknya masing-masing enam dan delapan minggu sebelum memulai latihan fisik.
  3. Program latihan tidak boleh tidak konsisten. Untuk lebih amannya, ibu harus mulai dengan aktivitas fisik selama 10 menit dan secara bertahap meningkatkan intensitas seiring waktu.
  4. Jangan melanjutkan olahraga jika Anda merasa pusing atau sulit bernapas di pertengahan.
C. Makan sehat: Ibu menyusui harus fokus pada nutrisi dan tidak secara spesifik dengan diet penurunan berat badan. Sebaiknya ibu menyusui berbicara dengan dokter mereka tentang makanan yang harus mereka konsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain nutrisi,  minum ibu banyak air sepanjang hari untuk meningkatkan laju pembakaran kalori sangat penting.

D. Kebiasaan hidup sehat: Gaya hidup sehat akan berdampak positif pada berat badan Anda. Jadi fokus pada kesehatan secara menyeluruh.

Pisahkan makanan menjadi dua, dan pastikan Anda tidak kurang tidur, menghindari alkohol, tembakau, dan mengganti camilan yang menggemukkan seperti kripik kentang atau biskuit dengan bahan makanan yang sehat.

Mengembalikan berat badan seperti sebelum hamil kuncinya hanya kesabaran. Yang terpenting ibu menyusui menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.