Olahraga Lindungi Otak dari Penyusutan

on Oct 25, 2012 at 12:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta: Olahraga yang teratur bisa menawarkan perlindungan untuk otak Anda agar terhindar dari penyusutan. Olahraga lebih bagus dibanding kegiatan sosial atau aktivitas lainnya.

Peneliti Skotlandia memeriksa rekam medis 638 orang yang lahir pada 1936 dan menjalani scan otak MRI ketika mereka berusia 73 tahun. Peserta juga memberikan rincian tentang tingkat aktivitas fisik mereka dan gaya hidup mereka.

Selama tiga tahun, orang yang banyak berolahraga berat mengalami penyusutan otak lebih sedikit dibandingkan mereka yang berolahraga ringan atau tidak.

Hasil penelitian itu diterbitkan di Jurnal Neurology, seperti dikutip laman Health24, Kamis (25/10).

"Orang-orang pada usia 70-an yang sering olahraga fisik, termasuk berjalan beberapa kali dalam seminggu, memiliki sedikit penyusutan otak dan tanda-tanda penuaan di otak, dibanding mereka yang kurang aktif secara fisik," kata penulis studi Alan Gow, di University of Edinburgh.

Peneliti juga mengungkapkan, mereka tidak menemukan hasil yang menunjukkan manfaat dari kegiatan yang merangsang mental serta kegiatan sosial pada ukuran otak, seperti yang terlihat pada scan MRI dalam rentang tiga tahun.

"Temuan ini menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin di usia tua tua sangat penting untuk melindungi otak seiring dengan bertambahnya usia," kata Gow.

Meski penelitian ini menemukan hubungan antara olahraga dan rendahnya penyusutan otak, namun penelitian itu tidak membuktikan hubungan sebab-akibat.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments