Survei Bilang, Orang Inggris Paling Jorok Sejagad

  • Info Sehat
  • 0
  • 06 Okt 2012 20:24

cuci-tangan121006c.jpg
Liputan6.com, London: Tahukah Anda orang mana di dunia ini yang terkenal paling jorok di dunia? Pastilah Anda tak menyangka, warga Inggris dinilai paling jorok sejagad. Padahal, jika kita melihat kota-kota di Inggris tertata rapi, bersih dan teratur. Tapi rupanya bukan itu dasar utama penilaiannya, melainkan karena adanya pandemi flu yang banyak menjangkiti orang Inggris.

Survei yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, Jumat (5/10) menunjukkan bahwa hanya satu dari lima orang Inggris yang sadar akan kebersihan. Penelitian itu dilakukan terhadap 900 orang Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Jepang, dan Meksiko. Mereka diberi pertanyaan tentang bagaimana menjaga kesehatan ketika ada risiko virus. Hasilnya, orang Inggris justru yang paling cuek terhadap masalah kebersihan.

"Kami harus banyak belajar tentang menghindari infeksi," kata Profesor John Oxford, seorang ahli virus di Universitas London, Inggris.

Lima puluh tiga persen warga Inggris mengatakan, kini mereka mencuci tangan mereka lebih sering. Sekitar 72 persen warga AS juga melakukan hal serupa. Sementara warga Meksiko yang mencuci tangan tergolong tinggi 96 persen. Namun, yang tertinggi adalah orang-orang Argentina. Mereka sebanyak 89 persen yang sadar akan kebersihan.

Warga Inggris harus selalu diingatkan untuk mencuci tangan mereka setelah dari luar rumah. Lihat saja orang Jepang, kebiasaan mencuci tangan setelah dari luar rumah seolah telah menjadi bagian tak terpisah dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat musim gugur dan dingin. Orang Jepang selalu berkumur, mencuci tangan dan wajah mereka setelah bepergian. Secara turun temurun, orang Jepang menyadari kebiasaan tersebut sebagai cara terbaik untuk mengusir flu dan penyakit lainnya. (Dailymail/Vin)
Terpopuler