Awas, Minum Air Putih Kebanyakan Bahaya

  • Info Sehat
  • 0
  • 15 Sep 2012 11:20

minum-air120916b.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Anda tentu sudah tak asing lagi dengan berbagai manfaat positif air putih bagi tubuh dan kebutuhan hidup kita. Selain berguna untuk menjaga kehalusan kulit dan bagi kesehatan tubuh, air putih pun bisa untuk terapi pengobatan alamiah. Tapi tahukah Anda, air putih yang berlebihan justru bisa menimbulkan masalah serius bagi tubuh kita?

Times of India menulis bahwa apabila tubuh kita menerima asupan cairan yang berlebihan justru akan mengganggu kadar kekentalan darah. Kondisi ini jelas akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh. Kekentalan darah akan menurunkan tingkat sodium dan menyebabkan pembengkakan sel. Akibat buruknya, orang akan mengalami pingsan, kejang-kejang, bahkan bisa mengalami koma. Akibat terburuknya, orang akan meninggal karena sel otak mengalami pembengkakan.

Takaran air yang berlebihan juga dapat meningkatkan volume darah. Dengan demikian kondisi tersebut akan memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sistem sirkulasi tubuh.

Kasus orang meninggal akibat mengkonsumsi air putih terlalu banyak tergolong langka. Tapi Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) memperkirakan ada sekitar 1.600 kasus kematian di seluruh dunia akibat minum air putih berlebihan.

Jadi, minumlah di saat tubuh merasakan haus sesuai dengan takaran. (Vin)
Terpopuler