Sukses

Mitos Seputar Diet

Mitos diet selama ini banyak beredar di masyarakat. Beberapa mitos tersebut ternyata memang diakui kebenarannya oleh pakar kesehatan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta: Menurunkan berat badan telah menjadi sesuatu hal yang lazim bagi banyak orang, khususnya wanita. Berbagai cara dilakukan saat melakukan diet, termasuk mengikuti mitos diet yang biasanya disarankan orangtua.

Beberapa mitos tersebut ternyata memang diakui kebenarannya oleh pakar kesehatan, Kamis (13/9). Apa saja?

1. Makan malam membuat gemuk
Menurut pakar kesehatan jika Anda ingin menurunkan berat badan, hal yang harus dihindari yaitu makan malam. Hal itu karena pencernaan Anda lebih lambat di malam hari. Akibatnya, semua kalori dari makanan belum terbakar sebelum tidur dan membuat penumpukan lemak.

2. Semakin sedikit Anda makan, semakin cepat berat badan turun
Ini benar-benar salah! Melewatkan makan atau bahkan memotong asupan energi justru akan menjadi bumerang bagi tubuh. Jika kita mengurangi makan maka Anda akan kehilangan jaringan otot yang justru akan menempel menjadi cadangan lemak.

Otot biasanya membakar lebih banyak energi daripada lemak. Namun, dengan cadangan lemak yang tergantikan dengan otot akan membuat metabolisme kita akan lebih lambat. Ujung-ujungnya,  justru menambah berat badan.

3. Pisang baik untuk diet
Mitos itu memang benar. Pisang adalah pilihan bagus jika Anda tengah berdiet. Hal itu karena memiliki kandungan kalium dan banyak serat yang merupakan nutrisi penting. Buah itu juga bisa membantu Anda untuk merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dan mencegah makan berlebihan di siang hari.

4. Kentang adalah bencana besar dalam diet
Mitos ini salah besar. Kentang juga bisa menjadi sahabat yang baik saat berdiet. Jumlah moderat konsumsi yang disarankan adalah satu kentang sehari. Kentang akan membuat berat badan naik jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Salad makanan wajib untuk diet
Salad yang berisi sayuran atau buah memang sehat dan rendah kalori. Namun, jika salad tersebut diberi tambahan topping atau isi, seperti mayonise, justru akan membuat mimpi buruk saat diet.

Diet akan lebih berhasil jika dibantu dengan olahraga. Jangan lupa, asupan makanan ketika berdiet juga harus diperhatikan. (ZeeNews/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini