Cara Mengobati Bibir Pecah-pecah

on Jun 22, 2012 at 20:10 WIB

Liputan6.com, New Delhi: Jangan anggap ringan bibir kering atau pecah-pecah, karena jika tak segera diatasi bisa menjadi radang dan bahkan berdarah. Bibir pecah-pecah umumnya sering terjadi saat musim dingin.

Para perokok dan orang-orang yang memiliki kulit kering cenderung memiliki kondisi bibir pecah-pecah setiap hari. Berikut beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah Anda, agar kembali sehat versi Times of India, Jumat (22/6).

1. Kondisi kulit kering umumnya terjadi saat kulit atau tubuh mengalami dehidrasi. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi air sedikitnya 2-3 liter air per hari.

2. Selain menjaga tubuh agar tak dehidrasi, menjaga makanan agar kulit tak kering juga penting. Cobalah untuk mengonsumsi lebih sering sayuran berdaun hijau, wortel, biji-bijian, dan tomat. Beberapa jenis makanan tesebut terbukti memiliki kandungan vitamin A yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak.

3. Agar bibir tetap lembab, cobalah untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa pada bibir secara rutin.

4. Untuk mengobati bibir pecah-pecah, irisan mentimun yang digosokkan pada bibir juga dipercaya efektif.

5. Sedangkan untuk menjaga agar bibir tetap lembab dan lembut, oleskan sedikit madu pada bibir setiap hari. Lalu oleskan sedikit vaselin atau pelembab bibir setelah olesan madu tadi mengering.

Setelah sekitar 15 menit, bersihkan madu dan vaseline dari bibir menggunakan cotton bud dengan gerakan lembut. Gerakan tersebut berfungsi untuk mengangkat kulit bibir yang mengering. Coba lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari agar bibir Anda kembali sehat.

6. Lidah buaya memang dikenal sebagai bahan untuk menyembuhkan kulit yang rusak. Oleskan gel lidah buaya pada bibir yang pecah-pecah. Diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air dingin. Rasa lembab dari gel tersebut akan mencegah bibir Anda kembali mengering.

7. Selain beberapa bahan di atas, krim berbahan dasar susu juga dapat Anda gunakan untuk melembabkan bibir sebelum tidur. Kandungan susu dipercaya dapat membuat bibir Anda lembab pada keesokan hari.

Namun, jika kondisi bibir pecah-pecah Anda sudah parah, seperti berdarah dan meradang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.(SHA)
Suka artikel ini?

0 Comments