Sukses

Wahyu, Sang Peracik Obat Herbal

Kecintaan terhadap alam dan tumbuh-tumbuhan membuat Yowono atau Wahyu, warga Kediri, Jawa Timur, menjadi peracik obat alternatif. Berbagai tanaman ia pelihara lalu memanfaatkannya sebagai obat.

Liputan6.com, Kediri: Yowono atau kerap disapa Wahyu, sangat mencintai alam dan tumbuhan. Hampir setiap hari waktunya banyak dihabiskan di kebun, tempat berbagai jenis tanaman toga yang dimilikinya.

Berbekal pengetahuannya tentang khasiat sejumlah tanaman, warga Kota Kediri, Jawa Timur itu membuka praktik pengobatan alternatif dari tumbuh-tumbuhan.

Berawal dari para tetangga dan teman yang sakit, Wahyu membuatkan ramuan obat dari tanaman. Ternyata, obat herbal racikannya tersebut banyak yang cocok atau mujarab.

Obat dari tanaman yang dibuat wahyu terdiri dari berbagai macam. Ada yang diolah segar dengan air mendidih. Ada yang ditumbuk lalu diambil sarinya. Ada yang dibuat kapsul. Tanaman yang bisa digunakan untuk obat ditanam sendiri di sekitar padepokannya.

Pasien juga bisa melihat langsung jenis tanaman yang digunakannya untuk obat dan tahu ciri-ciri dari tanaman tersebut. Dengan cara ini, pasien mengetahui betul bahwa obat yang dikonsumsinya benar dari tanaman, bukan campuran bahan kimia.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.