Manfaat Daun Mint

on Apr 25, 2012 at 14:43 WIB

Liputan6.com, New Delhi: Daun mint ternyata merupakan salah satu herbal tertua dan paling populer yang berkembang di seluruh dunia. Mint ada beberapa jenis, yang masing-masing jenisnya memiliki rasa dan aroma berbeda. Selain untuk tambahan rasa pada makanan dan minuman, tanaman jenis ini juga umumnya dijadikan campuran berbagai hidangan, seperti salad buah.

Seperti dilansir Times of India, baru-baru ini, mint merupakan unsur penting dalam masakan Timur Tengah dan India, begitu pula dalam masakan Thailand. Mint yang tumbuh di Asia dikenal mempunyai rasa jauh lebih kuat daripada rasa daun mint di Eropa dengan rasa manis dan sensasi dinginnya.

Tanaman Minta Spacata ini merupakan tanaman yang telah lama digunakan dalam beragam budaya, seperti India, Timur Tengah, dan Eropa. Ciri khas tanaman ini yakni memiliki rasa manis dengan sensasi dingin setelah menyantapnya. Baik dalam keadaan segar maupun kering, mint dapat digunakan untuk campuran pada kari, sup, chutney, salad, jus, dan es krim.

Mengonsumsi mint ternyata baik bagi tubuh, seperti mendinginkan saluran pencernaan, atau jika sakit perut akan amat membantu menghilangkan rasa sakitnya. Sementara meminum teh herbal mint dapat mengurangi sindrom iritasi usus, membersihkan perut, dan juga membersihkan gangguan pada kulit seperti jerawat.

Sedangkan sensasi dingin mint pada kulit dapat membantu mengatasi iritasi kulit. Tak hanya itu, mint juga dapat membantu menghilangkan racun pada tubuh dan membersihkan darah dengan mengonsumsinya secara teratur. Bahkan, daun mint yang dihaluskan dipercaya dapat memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.(BOG)
Suka artikel ini?

0 Comments