Sukses

Aspirin Bisa Cegah Kanker

Selain dapat mengurangi rasa sakit atau demam, ternyata aspirin juga bisa mencegah bahkan mengobati kanker

Liputan6.com, London: Selain dapat mengurangi rasa sakit atau demam, ternyata aspirin juga bisa mencegah bahkan mengobati kanker. Dari penelitian yang dipimpin oleh Peter Rothwell dari Universitas Oxford terbukti bahwa Aspirin mempunyai kemampuan untuk memerangi penyakit kanker, disamping mengurangi risiko penggumpalan pembuluh darah pada penderita jantung dan stroke.

Menurut studi yang ditulis dalam jurnal The Lancet dan The Lancet Oncology, dengan meminum aspirin dosis rendah setiap hari, kita dapat terhindar dari penyakit kanker. Pasalnya, aspirin dapat mencegah perkembangan penyakit kanker ke tubuh kita.

Lebih lanjut lagi, penelitian tersebut mengungkap bahwa dengan mengonsumsi aspirin, kita dapat mengurangi 25 persen risiko terkena kanker selama tiga tahun. Kemudian, setelah lima tahun, kita dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker sebesar 37 persen.

Rothwell menyatakan akan meneliti lebih lanjut mengenai risiko dan manfaat aspirin agar masyarakat tidak khawatir akan efek samping dari obat penghilang rasa sakit tersebut. "Kami akan meneliti lebih lanjut terkait risiko dan manfaat aspirin," ujar Rothwell seperti dilansir timesofmalta, Senin (26/3).

Menurut sumber, selama ini sebagian besar masyarakat telah percaya dengan khasiat aspirin. Mereka meminum aspirin 75 miligram per hari untuk menjaga tubuh dari serangan jantung dan stroke. (RZK/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.