Wanita Diabetes Rentan Tuli

  • Info Sehat
  • 0
  • 05 Mar 2012 09:46

120305bdiabetes.jpg
Liputan6.com, New Delhi: Wanita yang mengidap penyakit gula atau lebih dikenal dengan diabetes ternyata rentan tuli. Diabetes pada kaum perempuan ternyata dapat menyebabkan gangguan pendengaran ketika usia bertambah. Terutama jika gangguan metabolisme tidak dikontrol dengan baik dengan obat-obatan yang dianjurkan dokter.

Demikian menurut sebuah penelitian para ahli di Detroit, Amerika Serikat baru-baru ini.

Situs Zeenews, Ahad (4/3), melaporkan penelitian dari Henry Ford Hospital di Detroit mengenai wanita berusia antara 60 dan 75 tahun yang mengendalikan diabetes, memiliki pendengaran yang lebih baik daripada wanita dengan diabetes yang tidak terkontrol. Hal tersebut sama dengan tingkat pendengaran pada wanita non-diabetes di usia yang sama.

Penelitian yang telah dipublikasikan pada 26 Januari di Miami itu juga menunjukkan pendengaran secara signifikan akan lebih buruk pada semua wanita berusia muda dengan penyakit diabetes daripada wanita berusia 60 tahun yang mengontrol diabetesnya dengan baik.

Sedangkan kaum pria cenderung memiliki gangguan pendengaran lebih buruk, dibandingkan dengan wanita dalam penelitian ini. Jadi para pria akan mengalami pengurangan pendengarannya tanpa memandang usia atau menderita diabetes.

"Studi kami benar-benar menunjuk pada pentingnya pasien mengontrol diabetes mereka, terutama dengan bertambahnya usia mereka berdasarkan dampak yang mungkin terjadi pada gangguan pendengaran," ungkap seorang sumber.

American Diabetes Association mengatakan bahwa hampir 26 juta orang di AS mengidap diabetes, dan sebanyak 34,5 juta memiliki gangguan pendengaran.

Contoh tanda-tanda gangguan pendengaran yakni termasuk kesulitan mendengar suara latar belakang atau mendengar percakapan dalam kelompok besar, serta secara teratur perlu mengubah volume pada radio atau TV.(TNT/MEL)
Terpopuler