by

Tips Menikmati Seks di Usia Menopause

  • Tips
  • 0
  • 17 Feb 2012 07:43
Liputan6.com, Jakarta: Saat wanita mencapai menopause, mereka mulai khawatir tentang hubungan seksnya. Apakah nafsu seksnya akan hilang? Namun kenyataan banyak wanita dapat menikmati kehidupan seks yang sehat dan kuat bahkan setelah menopause.

Sering kali definisi "seks yang baik" mungkin akan berubah pasca-menopause. Namun Anda tak perlu khawatir. Anda akan tetap dapat merasakan kehidupan seks yang baik meski usia telah memasuki masa "pensiun" . Berikut tips dari laman healthmeup.com, agar dapat menikmati seks saat menopause tiba.

1. Mengelola hormon. Setelah wanita mencapai masa menopause, mereka cenderung memiliki tingkat estrogen dan progesteron yang rendah.  Kedua hormon merupakan merupakan hormon seks utama. Dampaknya, ini bisa membuat aktivitas seksual tidak nyaman. Untuk mensiasatinya, Anda dapat menggunakan pelumas, foreplay lebih panjang, dan bahkan memakai beberapa krim estrogen.

2. Keinginan Anda pada seks mungkin menurun seiring rendahnya tingkat testosteron dalam tubuh Anda atau karena usia terkait kondisi kesehatan. Secara medis disarankan Anda tidak harus fokus pada pencapaian orgasme, tapi bisa mulai menikmati tubuh masing-masing pasangan.

Kemudian, jangan terlalu mengandalkan obat-obatan yang tak perlu, karena dapat berdampak buruk pada keinginan seksual Anda. Masturbasi, pijat sensual, berciuman, berpelukan dan mempertahankan saluran komunikasi yang terbuka pada pasangan, memiliki makna penting untuk menghidupkan kembali minat Anda pada kehidupan seks.

3. Seks terapi dan konseling. Jika semuanya gagal, dan terus mengalami kurangnya hasrat seksual, Anda dapat kunjungi terapi seks atau konseling. Dokter akan membantu dalam memilah perasaan Anda secara rinci. Seorang konselor atau terapis akan membantu menangani setiap kurangnya komunikasi, ketidakamanan dan masalah psikoseksual lainnya yang mungkin menghambat kehidupan seks Anda. Mereka juga mungkin menyarankan strategi tambahan untuk menangani masalah seks, selain menyarankan perawatan medis.(IAN/healthmeup.com)
Comments
Sign in to post a comment