Empat Bahaya Pakai Lensa Kontak

on Dec 22, 2011 at 15:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta: Jika Anda mengenakan lensa kontak, ada beberapa hal yang harus selalu diingat di saat memakainya. Penanganan yang tidak tepat dapat memperkenalkan bakteri dan kuman ke mata Anda. Bila mata terkena infeksi bisa menyebabkan gangguan penglihatan secara permanen, kebutaan, dan dalam kasus yang jarang terjadi bisa menyebabkan kematian.

Situs asiaone.com,  Kamis (22/12), mengajak Anda untuk memperhatikan pemakaian kontak lensa demi keselamatan bagi penggunanya. Berikut  pemakaian kontak lensa paling berbahaya , dan solusinya.

Kesalahan pertama, Tidur dengan kontak lensa Anda. Hal ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan frame lensa patah di mata Anda. "Dan jika Anda mencubit lensa terlalu ketat, Anda berisiko melanggar itu dan mendapatkan sebuah fragmen terjebak di mata Anda." kata Dr Lee Hung Ming, Direktur Medis dari Klinik Mata Parkway di Gleneagles Hospital, Malaysia. Dan jika tidak diambil segera oleh dokter, fragmen dapat menggores kornea atau menyebabkan infeksi buruk.

Sebagai solusinya, dokter mata menyarankan Anda untuk tidak tidur dengan kontak lensa Anda.

Kesalahan kedua, mencuci lensa Anda dengan air keran. Hal ini akan berbahaya, karena akan menimbulkan bakteri di kontak lensa Anda. "Cacing ini ditemukan di banyak tempat, termasuk air keran," kata Dr Yong Ming Por, konsultan ahli bedah di Bedah mata Eye Jerry Tan.

"Dan ketika anda membilasnya menggunakan air tersebut, parasit ini bisa berakhir pada lensa Anda. Hal ini dapat menyebabkan infeksi mata yang sangat parah dan bahkan kebutaan,"  ujar Dr Lee. Karenanya, Anda harus benar-benar membilas lensa Anda dengan larutan garam, gunakan botol air minum suling dan bukan air mineral.

Kesalahan ketiga. Memakai lensa Anda lebih lama daripada yang disarankan. Hal ini tidak dianjurkan karena akan membuat kuman masuk ke mata Anda. Kuman akan lebih menumpuk bisa menyebabkan meningkatnya risiko infeksi yang parah.

Sebagai solusinya, bila Anda benar-benar perlu memakai lensa beberapa hari ekstra, Elliott Myrowitz, Kepala Pelayanan Optometric di Johns Hopkins University,  Wilmer Eye Institute, menyarakan setelah Anda membersihkan, menyiram lensa Anda dengan larutan pembersih serba guna dan gosok dengan jari bersih selama setidaknya sepuluh detik. Kemudian bilas dengan larutan pembersih lebih lama sebelum menyimpannya untuk persiapan yang akan digunakan dalam waktu lama.

"Juga, jangan lupa untuk membersihkan lensa Anda dengan merendam dalam larutan pembersih lensa, dan udara kering setidaknya sekali seminggu." tambahnya.

Kemudian kesalahan keempat, tidak menggosok lensa Anda. Hal ini akan menimbulkan infeksi kornea yang parah. "Tidak menggosok lensa sebagai solusi bebas infeksi mungkin nyaman, namun tahun 2008, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS menemukan dua wabah infeksi mata yang berat terkait dengan proses pencucian lensa tanpa digosok.

Bakteri, jamur, dan ragi tetap pada permukaan lensa Anda jika Anda tidak menggosok saat membersihkannya, kata sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Optometri dan Ilmu Visi. Penumpukan ini memungkinkan alergi dan infeksi yang bisa menyebabkan kuman nempel di permukaan lensa Anda.

Solusinya, gosok dan bilaslah sekitar sepuluh detik. Setiap menggosok lensa Anda bisa mengurangi risiko infeksi mata.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments