Sukses

Awas, Kopi Susu Bisa Menghancurkan Gigi

Di balik kenikmatan kopi plus susu ternyata menyimpan banyak bahaya. Terlalu banyak minum kopi susu dapat menghancurkan gigi.

Liputan6.conm, Seattle: Siapa yang tak suka kopi? Hampir semua orang suka dengan minuman yang dapat menghilangkan kantuk ini. Salah satu kopi yang banyak digemari adalah kopi susu. Perpaduan kopi dan susu bikin orang makin ketagihan. Namun pagi para pecandu kopi plus susu waspadalah.

Ahli gigi ternama Amerika Serikat Heidi Hackett menyebutkan minuman populer tersebut menyebabkan tumbuhnya karies atau karang gigi. Paparan kronis terhadap laktosa atau gula susu, memberikan bakteri dalam mulut yang menyebabkan kemampuan lebih banyak untuk berkembang biak.

Karies terutama diprovokasi streptococcus mutans. Bakteri ini mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. "Asam corrodes pada enamel gigi dapat menyebabkan gigi berlubang. Hal itu akan terjadi hanya dengan menghabiskan 15 menit secangkir latte," kata dia seperti dilansirdari Genius Beauty.

Sebaiknya Anda meminum air putih atau mengunyah permen karet setelah minum kopi susu untuk mengurangi bakteri berkembang di gigi. Air putih menetralisir asam. Permen karet dapat menjadi jalan keluar karena merangsang aliran air liur sehingga bisa membersihkan mulut dan mengurangi keasaman.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini