Scaling Gigi Kurangi Risiko Stroke

  • Berita
  • 0
  • 14 Nov 2011 20:30

111009bjantung.jpg
Liputan6.com, Taipei: Membersihkan karang gigi atau scaling secara rutin, ternyata dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke sebanyak 24 persen. Sedangkan mereka yang tak melakukannya hanya mengurangi risiko sebesar 13 persen.

Seperti dikutip laman Zeenews, Senin (14/11), kesimpulan itu disampaikan peneliti asal Taiwan, yang meneliti 100.000 orang. Mereka diminta menjalani pembersihan gigi selama kurang lebih tujuh tahun. Dan 51.000 orang di antaranyamerupakan orang dewasa, yang telah melakukan scaling dan telah dilakukan pengecekan kondisi kesehatan.

Selain itu, tak satu pun dari peserta memiliki sejarah serangan jantung atau stroke pada awal penelitian sesuai data asuransi Kesehatan Nasional Taiwan. Para ilmuwan menganggap bahwa pembersihan karang gigi setidaknya dilakukan dua kali atau lebih dalam dua tahun atau sekali dalam kurun waktu dua tahun dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Terutama dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung, karena gusi bersih dan sehat bebas dari bakteri.

"Perlindungan dari penyakit jantung dan stroke lebih jelas terlihat pada peserta yang menjalani pembersihan gigi setidaknya setahun sekali," kata Emily (Zu-Yin) Chen, ahli kardiologi di Veterans General Hospital di Taipei, Taiwan, yang juga menulis penelitian tersebut.(Zeenews/SHA)
Terpopuler