Sukses

Pil KB Mampu Cegah Kanker Ovarium

Pil kontrasepsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan pil KB ternyata mampu mencegah serangan kanker indung telur atau ovarium.

Liputan6.com, Newcastle: Pil kontrasepsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan pil KB ternyata mampu mencegah serangan kanker indung telur atau ovarium. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Pusat Penelitian Kanker Universitas Newcastle, Inggris, baru-baru ini.

Penelitian ini melibatkan 300 ribu wanita dari benua Eropa, Jumat (28/10). Ditemukan, mereka yang telah mengonsumi pil KB selama lebih dari sepuluh tahun memiliki risiko 50% lebih rendah terserang kanker ovarium, jika dibandingkan mereka yang tidak. Para peneliti juga menemukan, kehamilan ternyata memiliki efek serupa. Semakin banyak anak yang dimiliki, maka akan semakin tinggi perlindungan dari serangan kanker ovarium.

"Tidak hanya efektif dalam mencegah kehamilan, pil KB juga dapat mencegah serangan kanker ovarium. Hasil penelitian ini kami harapkan dapat membuka mata para wanita bahwa mengonsumsi pil KB memiliki efek serupa dengan kehamilan dalam mencegah kanker ovarium di masa mendatang," kata pimpinan penelitian,  Dr. Richard Edmondson.(Zeenews/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.