Sukses

Wabah Listeria Telan 25 Korban

Sebanyak 25 orang di 12 negara bagian Amerika Serikat dilaporkan tewas dalam wabah bakteri listeria yang berasal dari melon Colorado. Demikian pernyataan resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Rabu (19/10).

Liputan6.com, Washington: Sebanyak 25 orang di 12 negara bagian Amerika Serikat dilaporkan tewas dalam wabah bakteri listeria yang berasal dari melon Colorado. Demikian pernyataan resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada Rabu (19/10).

Laman Xinhua mewartakan, jumlah korban sakit akibat melon beracun itu sudah mencapai 123 di 26 negara yang kasusnya pertama kali ditemukan di Pennsylvania. Menurut CDC, salah satu korban sakit dilaporkan seorang wanita hamil dan mengalami keguguran. Wabah listeria ini menjadi salah satu penyakit paling mematikan sejak 1998 silam.

Listeria adalah bakteri umum yang biasanya menyebabkan sakit ringan pada orang sehat, tetapi dapat menyebabkan penyakit parah pada orang tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini juga dapat menyebabkan keguguran dan mematikan janin pada wanita hamil, serta infeksi parah pada bayi yang baru lahir.

CDC memperkirakan sekitar 48 juta orang di AS setiap tahunnya mengalami sakit dari keracunana makanan. Menurut data statistik CDC, sudah 128.000 orang mengalami perawatan di rumah sakit dan 3.000 orang mengalami kematian. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.