Sukses

Kode Genetik Ganja dan Pengobatan Kanker

Susunan kode genetik ganja berhasil diurutkan oleh tim peneliti guna merintis jalan menuju penelitian efek tanaman ganja untuk pengobatan kanker serta peradangan.

Liputan6.com, Amsterdam: Susunan kode genetik ganja berhasil diurutkan oleh tim peneliti dari Medicinal Genomics, suatu perusahaan farmasi yang berbasis di Belanda. Penelitian ini diharapkan bisa jadi terobosan baru bagi dunia pengobatan, karena merintis jalan menuju penelitian efek tanaman ganja untuk pengobatan kanker serta peradangan. 

Susunan gen tersebut sekarang tersedia masih "mentah", belum pada bentuk yang sudah dapat digunakan. Namun saat proses itu selesai, tiap gen yang aktif menyusun tanaman ini akan terurai dan dapat diisolasi. "Memahami gen-gen ini serta karakteristiknya akan memungkinkan kita mengontrol berbagai kandungan di dalam tanaman ganja," ujar Kevin McKernan dari Medicinal Genomics.

Ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantung karena serat yang dihasilkannya kuat. Biji ganja digunakan sebagai sumber minyak. Tumbuhan ini sering pula disalahgunakan.(Natgeo/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini