Sukses

Obat Herbal Bisa Lawan Tumor Otak?

Obat herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina ternyata bisa mengalahkan tumor otak mematikan. Benarkah?

Liputan6.com, Ohio: Indirubin, obat herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional Cina, ternyata bisa mengalahkan tumor otak mematikan. Menurut para peneliti, indirubin berasal dari tanaman indigo yang merupakan bahan aktif dalam formula Dang Gui Long Hui Wan dan sering digunakan untuk mengobati leukemia mieloid kronis.

Peneliti dari Ohio State University Comprehensive Cancer Centre (OSUCCC) menemukan bukti bahwa indirubin, senyawa yang menghambat migrasi sel glioblastoma dan sel endotel, bisa menghentikan pembentukan pembuluh darah kanker. Endotelium adalah lapisan tipis sel-sel yang melapisi permukaan bagian dalam pembuluh darah.

Glioblastomas memengaruhi sekitar 18.500 warga AS setiap tahunnya dan membunuh hampir 13.000 dari mereka per tahun. "Penyakit tersebut adalah bentuk paling umum dan mematikan dari keganasan kanker otak, dengan kelangsungan hidup rata-rata 15 bulan setelah didiagnosis," jelas peneliti dalam jurnal Cancer Research.

"Kami sebelumnya memiliki metode yang cukup baik, untuk menghentikan glioblastoma dari pertumbuhanya dalam otak manusia. Tetapi terapi ini gagal, karena sel-sel tumor bermigrasi dari situs asli dan tumbuh di tempat lain bagian otak," kata E Antonio Chiocca, ahli bedah saraf di Ohio yang mempin penelitian itu.

Dan, katanya, temuan terbaru itu menunjukkan, indirubin menawarkan strategi terapi baru untuk tumor ini yang secara bersamaan menargetkan invasi tumor dan angiogenesis. Angiogenesis adalah proses yang melibatkan pertumbuhan pembuluh darah baru dari yang sudah ada.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.