Sukses

Karakteristik Sperma yang Sehat

Cairan semen atau air mani pria merupakan satu hal yang menentukan kehidupan seksual. Dalam air mani itu memiliki jutaan sperma yang akan menentukan tingkat kesuburan pria.

Liputan6.com, London: Cairan semen atau air mani pria merupakan satu hal yang menentukan kehidupan seksual. Dalam air mani itu memiliki jutaan sperma yang akan menentukan tingkat kesuburan pria. Air mani seperti apakah yang sehat?

Untuk pria, pengalaman ereksi atau ejakulasi yang kuat dengan banyaknya cairan semen merupakan kehidupan seks yang menyenangkan. Memang, sejumlah pria secara alami dapat memproduksi air mani dalam jumlah yang banyak. Masalahnya tidak semua pria dapat memproduksi air mani yang banyak karena produksinya juga dipengaruhi cara hidup, Senin (18/7).

Tapi yang pasti, semua pria dapat meningkatkan produksi cairan semen yang banyak untuk menikmati ejakulasi yang kuat. Salah satu cara adalah melakukan kebiasaan hidup sehat.

Seperti dilansir netdoctor.co.uk tidak ada tanda-tanda untuk melihat apakah air mani seorang pria masuk ke dalam kategori normal atau tidak. Namun semen yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Air mani atau cairan semen yang sehat biasanya berwarna putih atau abu-abu, kadang-kadang agak kekuningan. Jika semen berwarna merah muda atau merah itu berarti ada masalah serius yang harus Anda tanyakan kepada dokter Anda karena tanda yang mengandung darah akan dapat didiagnosis dokter.

2. Ketika ejakulasi cairan mani berbentuk lengket seperti agar-agar. Jika terlalu tipis dapat menyebabkan masalah kesuburan.
  
3. Rata-rata volume normal air mani yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris). Volume air mani menjadi bermasalah jika kurang dari 1,5 ml yang disebut hypospermia yang membuat ejakulasi kering. Sementara itu, jika jumlah semen lebih dari 6 ml secara terus-menerus, kondisi ini disebut hyperspermia.
  
4. Dalam setiap ml 1 cairan semen seharusnya ada 20 juta sperma. Atau setidaknya jumlah sperma untuk pria subur adalah 40 juta sperma dengan 75 persen pasti hidup.
 
5. Dari jumlah sperma yang hidup sebelumnya, 25 persen mampu berenang dengan cepat menuju sel telur. Dan 30 persen memiliki bentuk normal yang sempurna.

Jumlah sperma yang normal sangat bagus untuk kesehatan pria karena bisa:
1. Meningkatkan kualitas sperma
2. Meningkatkan libido.
3. Menghasilkan banyak keturunan yang sehat.
4. Meremajakan tubuh Anda
5. Terlihat muda.
6. Memberikan energi dan kekuatan untuk tubuh.
7. Membangun kekebalan terhadap penyakit.

Jadi jagalah volume air mani yang normal dan sehat dengan melakukan hal-hal seperti menghindari merokok, mengonsumsi alkohol. Hindari hal-hal yang bisa memicu testis menjadi panas seperti keseringan memakai celana ketat, duduk terlalu lama. Tingkatkan sirkulasi dalam tubuh dengan makan yang sehat dan olahraga.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini