Sukses

Uban Juga Bisa Ditemui pada Anak-anak

Rambut yang mulai memutih atau beruban biasanya kerap kali ditemukan pada orang tua. Siapa sangka rambut yang identik dengan penauaan itu juga bisa ada di kepala anak-anak.

Liputan6.com, Atlanta: Rambut yang memutih atau beruban biasanya kerap kali ditemukan pada orangtua. Namun, siapa sangka rambut yang identik dengan penuaan juga bisa ada di rambut anak-anak. Umumnya, rambut abu-abu terjadi ketika sel-sel pigmen dalam folikel rambut secara bertahap mati.

Ketika isi pigem dalam sel rambut rendah, maka rambut tidak lagi diisi dengan banyak melanin yang akhirnya akan mengubah warna rambut menjadi putih atau abu-abu. Dokter anak dari Atlanta Jennifer Shu menerangkan, Sabtu (16/7), jika penemuan uban di rambut anak-anak adalah hal yang normal.

Jika rambut abu-abu yang muncul pada anak hanya satu hingga dua helai, menurut Shu tak perlu dikhawatirkan. Tapi jika uban yang muncul cukup banyak dan disertai gejala lain, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti.

Kemungkinan besar, masalah gizi yang menjadi penyebab utama. Shu menerangkan jika masalah gizi yang paling mungkin adalah anemia (kekurangan zat besi). Selain itu, kekurangan vitamin B12 akibat pola makan yang salah atau penyerapan vitamin B12 yang buruk dari saluran pencernaan juga bisa menjadi faktor tumbuhnya uban di rambut mereka.

Selain itu kondisi rambut beruban pada anak-anak juga bisa disebabkan faktor genetik atau masalah medis. Seperti tingkat abnormal tiroid (penyakit Grave atau penyakit Hashimoto). Hal ini disebabkan tingkat tiroid yang abnormal akan mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.(CNN/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini