Olahraga Ringan untuk Usia di Atas 30 Tahun

on

Liputan6.com, Jakarta: Berolahraga bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun setelah berusia 30 tahun olahraga menjadi keharusan. Saat kita beranjak tua, kita khawatir tentang kesehatan kita yang mulai memburuk. Berjalan saja belum cukup untuk tubuh seiring kita mulai kehilangan vitamin dan mineral.

Tulang-tulang di dalam tubuh mulai menjadi lebih kecil dan lebih lemah sehingga rentan terhadap cedera serius pada tulang dan penyakit. Penurunan kekuatan otot jantung dan elastisitas otot adalah gejala umum dari memburuknya kesehatan. Alhasil olahraga setelah berusia 30 tahun merupakan suatu keharusan untuk melindungi tubuh dari masalah kesehatan dan penyakit seperti jantung, tekanan darah, diabetes, obesitas, nyeri punggung, nyeri sendi, osteoporosis, dan kesehatan mental.

Jadi jika Anda berusia 30 tahun lebih dan berencana berolahraga berikut tipsnya:

1. Pertama, olahraga untuk orang di atas 30 tahun adalah menari. Menari non-stop selama 30 menit akan membakar kalori dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

2. Tambahkan peregangan untuk latihan. Istirahatlah selama 2-3 menit setelah setiap set peregangan.

3. Peregangan pintu baik untuk latihan dada. Pegang bingkai pintu dari kedua sisi kiri dan kanan dan tekan tubuh Anda ke depan menuju pintu keluar. Dada terasa santai dan membentang.

4. Peregangan kursi membantu mencegah sakit punggung. Duduklah di tepi kursi dan luruskan lengan menjaga punggung tetap tegak. Busungkan dada dan regangkan punggung.

5. Untuk bahu, cobalah jari-jari kedua tangan dihubungkan di atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas. Dorong tangan atas kepala sampai peregangan bahu.

6. Peregangan lutut penting untuk melindungi rasa sakit di lutut dan nyeri otot karena pekerjaan fisik yang berlebihan. Membungkuk dengan lutut lurus dan mencoba untuk mencapai jari-jari kaki atau lantai tergantung pada fleksibilitas. Tahan peregangan selama 2 menit dan ulangi selama 5-10 kali.

7. Olahraga ringan untuk wanita di atas 30 seperti aerobik bagus karena meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen untuk latihan kardiovaskular. Aerobik jika dilakukan dengan berat badan sedikit dapat membantu menaikkan otot stagging dan meningkatkan laju metabolisme.

8. Lakukan sesi mini termasuk latihan berjam-jam sesuai kemampuan tubuh dengan usia. Jangan olahraga berlebihan atau mengurangi jumlahnya. Lihat seberapa kuat tubuh dapat melakukannya. Untuk pemula, biasanya setelah olahraga tubuh menjadi sakit selama seminggu.

9. Olahraga untuk wanita di atas 30 harus termasuk mengambil napas dalam-dalam setiap menit untuk meningkatkan asupan oksigen yang dianggap sebagai agen atau katalis untuk membakar kalori dan lemak tubuh. Bahkan saat tidak melakukan latihan, coba menarik napas dan menghembuskannya saat perut kosong untuk membersihkan racun dari tubuh dan menjadi energik.

Selain itu juga ada tips penurunan berat badan untuk wanita di atas 30. Anda cukup berjalan-jalan dengan teman-teman, makan makanan yang sehat, memiliki 8-10 gelas air bekerja keluar dan pergi jogging. Selamat mencoba!(OneIndia/MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments