Sukses

Gerakan Motorik Dasar Bikin Anak Usia Dini Makin Pintar

Daripada mengajarkan anak senam lebih baik mengajarkan gerakan motorik dasar yang bisa bikin mereka semakin pintar.

Liputan6.com, Jakarta Mengajarkan gerakan motorik dasar pada anak usia dini bisa membuat mereka semakin pintar.

Menurut seorang pelatih senam anak, Titis Sensussiana, rangkaian gerakan yang mencakup pemanasan, gerakan inti, dan penutup akan memperlancar aliran darah ke otak sehingga anak mampu berpikir baik. 

Gerakan yang diajarkan pun tidak boleh yang sulit. Harus yang ceria karena itu adalah gambaran dari dunia anak-anak.

"Dunia anak usia dini itu sederhana dan ceria. Gerakan yang harus diberikan ya yang gampang buat anak," kata Titis ditulis Health Liputan6.com pada Sabtu, 24 Maret 2018.

Kemudian, hal lain yang harus diperhatikan saat melatih gerakan motorik dasar pada anak adalah, fokus pada iringan lagu bukan malah terfokus pada hitungan.

"Kalau senam kita biasanya pakai hitungan satu... dua... tiga... yes! Untuk gerakan motorik anak, fokus pada lirik lagu pengiring gerakan,"

"Misal, lirik lagu pas pemanasan, anak-anak usia dini masih banyak yang salah. Masuk gerakan inti kedua atau ketiga, mereka baru benar gerakannya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Tidak Cepat Bosan

Manfaat dari gerakan motorik dasar bagi anak usia dini juga menghindari anak tidak cepat bosan.

"Kalau anak tidak dilatih gerakan motorik dasar, artinya anak tidak banyak bergerak. Ini biasanya membuat anak cepat bosan dan sering ngambek (marah),"

Selain itu, gerakan motorik juga sebagai langkah awal melatih anak menulis. Otot tangan dan lengan akan berkembang baik. Anak pun mampu menulis.

Untuk itu, guru PAUD dituntut aktif membuat anak lebih banyak bergerak. Anak juga makin bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini