Sukses

Anak Jauh dari Asma Jika Bumil Rajin Makan Sayuran Ini

Asma tak dapat disembuhkan, tapi kata studi terbaru bisa dicegah sedari masih dalam kandungan.

Liputan6.com, Jakarta Asma tak dapat disembuhkan, tapi bisa dicegah. Studi terbaru mengungkap, ibu hamil (bumil) yang mengonsumsi sayuran hijau selama trimester pertama mencegah janin mengidap asma nantinya.

Melansir laman New York Post, Jumat (23/3/2018), mengonsumsi brokoli, bayam, kol, kecambah, dan kale di awal kehamilan memberi perlindungan terhadap asma pada anak. Manfaat tersebut diperkirakan setidaknya hingga anak dua tahun seperti  diungkap para peneliti di National Research Institute for Child Health and Development di Tokyo.

Para peneliti melacak asupan makanan para ibu selama kehamilan dan memeriksa gejala asma pada anak mereka yang kini dua tahun. Terbukti, anak-anak yang ibunya mengonsumsi kubis dan sayuran kaya folat lain, 52 persen lebih mungkin terhindar dari asma dibanding yang tidak mengonsumsi makanan sehat.

Para peneliti berharap temuan tersebut menginspirasi calon ibu untuk lebih memperhatikan asupan makanan mereka. Semua ibu pasti ingin anak terhindar dari asma, bukan?

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang dengan asma bisa hidup normal dan aktif

Asma merupakan penyakit pernapasan yang memengaruhi aliran udara ke dan dari paru-paru. Mengutip laman Medical News Today, asma dipicu berbagai hal sepertialergi, merokok, faktor lingkungan, obesitas, kehamilan, stres, genetik.

Diperkirakan, sekitar 300 juta orang di dunia memiliki asma. Penyakit pernapasan ini paling tidak merenggut nyawa 255 ribu orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Seperti disinggung sebelumnya, asma bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan. Namun, seseorang dengan asma sangat mungkin hidup normal dan aktif apabila mendapat perawatan yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.