Sukses

Selain Menyehatkan, Senam Satu Ini Bakal Bikin Lansia Happy

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang lanjut usia (lansia), senam menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat. Sebab, gerakan pada olahraga senam mudah diikuti dan tidak menyulitkan mereka untuk bergerak.

Senam untuk para lansia pun diatur lebih menyenangkan. Dengan memilih lagu yang tepat agar mereka lebih bersemangat melakukan aktivitas fisik.

Pada acara Penataran TOT Tim Penggerak Germas di Taman Rekreasi Wiladatika, Ciracas, Jakarta Timur, diperkenalkan senam bernama Mora yang cocok untuk para orang tua di atas 60 tahun.

"Senam Mora itu kepanjangannya Senam Museum Olahraga. Senam ini masuk kategori senam dewasa. Lansia juga cocok kok untuk melakukannya," kata Pelatih Senam, Kartini Legimin, kepada Health Liputan6.com, Rabu (21/3/2018).

Konsep Senam Mora awalnya ingin mensosialisasikan Museum Olahraga. Ternyata senam itu juga ditujukan untuk program senam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Kementerian Kesehatan.

"Jadi diambil beberapa gerakan senam Mora (yang asli) untuk program Germas. Aslinya Senam Mora itu 20 menit. Nah, karena untuk Germas jadi hanya 12 menit,"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senam Mora Diiringi Lagu Daerah

Durasi Senam Mora yang 12 menit sudah mencakup pemanasan, gerakan inti, dan penenangan diri (pendinginan). Ada beberapa lagu daerah yang mengiringi Senam Mora, seperti Soleram dan Yamko Rambe Yamko.

"Adanya lagu daerah yang bernuansa menyenangkan dan energik membuat kita semangat bergerak (olahraga). Bisa sambil nyanyi-nyanyi juga,"

Sebelum Senam Mora menjadi salah satu sesi pelatihan "Penataran TOT Tim Penggerak Germas" rupanya Senam Mora sudah dirilis di Museum Olahraga baru-baru ini.

"Baru dirilis Senam Mora, kira-kira tanggal 15 Maret kemarin,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.