Sukses

Doa untuk Orangtua yang Baru Saja Punya Anak

Doa yang tulus perlu kita panjatkan kepada orangtua yang baru saja dikaruniai seorang anak

Liputan6.com, Jakarta Doa dari ayah dan ibu menjadi hal teramat penting saat menyambut anak yang baru saja lahir. Doa merupakan rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus permintaan serta harapan agar si Kecil tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan. 

Bukan hanya memberikan nafkah, ilmu, serta ajaran-ajaran yang baik pada anak. Lantunan doa-doa juga penting diucapkan agar jadi 'kendaraan' bagi anak agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Sebenarnya tak hanya anak yang perlu didoakan. Para orangtua baru juga membutuhkan doa yang tulus, agar mampu membesarkan anak-anak dengan baik.

Seperti dikutip dari Muslimah.or.id, diajarkan para ulama terkait doa untuk orangtua yang baru dikaruniai anak.

Ada yang diriwayatkan secara maqthu (sampai tabi'in) dan ada yang secara marfu (sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam). Dari al-Haitsam bin Jammar, ada seseorang yang bertanya kepada Hasan al-Bashri," Bolehkah menggunakan ucapan orang persia untuk doa ketika kelahiran anak?"

Jawab Hasan,

”Mengapa kau gunakan ucapan orang Persia. Bisa jadi doanya,” Jadilah sapi atau himar”. Ucapkanlah,

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي المَوهُوبِ لَكَ , وَشَكَرْتَ الوَاهِبَ , وَبَلَغَ أَشُدَّهُ , وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Doa Hasan

جعله مباركاً عليك وعلى أمة محمد صلى الله عليه وآله وسلم

Artinya: " Semoga Allah memberkahi anak yang dianugerahkan kepadamu, semoga kamu bisa mensyukuri Sang Pemberi (Allah), semoga cepat besar dan dewasa, dan engkau mendapatkan baktinya si anak.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riwayat Lain Terkait Doa Orangtua untuk Anak

Lalu ada juga riwayat dari Ayyub as-Sikhtiyani. Diriwayatkan olehnya, bahwa ketika beliau mendengar kabar ada tetangga yang punya anak, beliau mendoakan:

Doa Ayub

Artinya: “ Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi untukmu dan untuk umat Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.”

Sumber: Muslimah.or.id

Reporter: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.