Sukses

Dear Mom, Jangan Kelabui Anak yang Kepo soal Organ Reproduksinya

Liputan6.com, Jakarta Menyampaikan pemahaman tentang organ reproduksi pada anak sejak dini penting untuk memproteksi anak dari ancaman kekerasan seksual, kata praktisi pendidikan usia dini.

Praktisi pendidikan anak usia dini yang juga pendiri Montessori Haus Asia, Rosalynn Tamara, mengatakan di Jakarta, Senin, anak di bawah tiga tahun perlu mengenali organ reproduksi dengan nama sebenarnya.

"Harus disampaikan sejak dini nama organnya, penis dan vagina. Kita merasa agak kurang nyaman karena kita tidak terbiasa. Itu hanya sebuah nama, konotasi hanya paradigma kita," kata Rosalynn.

Dengan dikenali alat reproduksi dengan nama sebenarnya, anak tidak akan asing dan tidak merasa aneh dengan sebutan tersebut. Selanjutnya ketika anak sudah berusia di atas tiga tahun orang tua bisa menceritakan tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dengan alat reproduksinya.

"Karena apa sih tujuannya mengenal alat reproduksi itu? Pertama agar bisa dia jaga sesuai dengan fungsinya, dan tidak ada satu pun yang bisa melewati teritori itu," jelas Rosalynn, seperti dikutip dari AntaraNews, Senin, (19/3/2018)

 

Simak juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Tabu, Anak Harus Tahu Organ Reproduksinya

Dia mengakui bahwa saat ini kebanyakan orang tua di Indonesia merasa tabu dalam memberikan pemahaman tentang reproduksi kepada anak. Bahkan beberapa orang tua mengganti nama alat reproduksi dengan sebutan lain yang cenderung bergurau.

Menurut Rosalynn, hal tersebut hanya akan membawa perilaku gurauan pada anak tentang organ reproduksinya seiring ia tumbuh besar.

(Aditya Ramadhan/AntaraNews)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.