Sukses

Kartu Bercak, Cara Basmi Kusta Dini dari Keluarga Sendiri

Kementerian Kesehatan RI memiliki cara sederhana untuk menemukan dan deteksi dini penyakit kusta

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak yang belum tahu cara mudah deteksi dini kusta. Namun rupaya Kementerian Kesehatan RI memiliki cara sederhana untuk menemukan dan deteksi dini penyakit tersebut. Hanya dengan selembar kertas, penyakit yang bisa membuat penderitanya kehilangan anggota tubuh ini bisa lebih cepat ditemukan. Kartu Bercak namanya.

Kartu Bercak sebenarnya hanyalah selembar kertas berwarna kuning. Namun lewat kartu ini, yang dibagikan oleh petugas Puskesmas setempat atau kader-kader kusta, masyarakat bisa mencari dan memeriksa, apakah ada bercak di tubuhnya atau tubuh anggota keluarganya yang lain.

Program Kartu Bercak ini dijelaskan oleh dr. Erwan Tri Sulistyo, M.Kes, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Kartu Bercak ini dibagikan ke setiap kepala keluarga.

"Kartu bercak dibagikan kepada keluarga-keluarga, dengan harapan jika ada bercak di keluarga tersebut, dia bisa mengembalikan kartu tersebut kepada petugas kesehatan," jelas dr. Erwan pada Liputan6.com setelah siaran bersama Duta Eliminasi Kusta dari WHO, Yohei Sasakawa, di stasiun Radio Gamasi, Makassar.

Setelah menerima kartu dari warga, petugas kesehatan akan mengecek kembali, apakah bercak yang ditemukan itu adalah bercak kusta.

Dari seluruh Kartu Bercak yang dibagikan, sebanyak 80 persen kembaii ke petugas kesehatan. Walau petugas masih perlu menagih, tapi upaya ini dinilai cukup efektif untuk mendeteksi dini penyakit kusta.

"Untuk mencegah penularan kusta, kuncinya adalah deteksi dini," tambah dr. Erwan.

Dari ribuan kartu yang dikembalikan, petugas biasanya menemukan sekitar 5-6 penderita kusta. Pasien kusta ini berhasil terdeteksi lebih dini.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bercak Kusta Seperti Apa?

Dalam kesempatan yang sama, dr. Erwan juga menjelaskan, bercak seperti apa yang menandakan penyakit kusta.

"Bercak kusta itu kalau disentuh atau ditempel dengan kapas, dia mati rasa. Tidak terasa," jelasnya. Hal ini adalah tanda awal atau tanda dini dari kusta.

Jika pada tahap ini pasien ditemukan dan diobati oleh petugas, mereka bisa sembuh secara total. Tidak ada cacat.

Warna bercak kusta ini awalnya putih. Jika sudah lebih lanjut, warnanya akan jadi kemerahan.

"Jadi kalau ada bercak jangan malu, jangan disembunyikan," ujarnya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kusta adalah penyakit infeksi yang berlangsung dalam waktu lama. Penyakit ini menyerang saraf tepi, kulit, dan saluran pernapasan

    Kusta