Sukses

Perlukah Suplemen untuk Anak dengan Penyakit Ginjal?

Anak penderita penyakit ginjal dinilai tidak perlu mengonsumsi suplemen.

Liputan6.com, Jakarta Anak yang menderita penyakit ginjal dinilai tidak perlu mengonsumsi suplemen. Asupan karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein dapat diperoleh alami dari asupan makanan sehat sehari-hari.

"Tidak perlu (konsumsi) suplemen. Asalkan anak diberi makan sayur dan buah itu sudah cukup baik," ungkap dokter spesialis anak konsultan dari Divisi Nefrologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Cahyani Gita Ambasari pada Minggu (18/3/2018).

Hal yang perlu diketahui orangtua anak dengan peyakit ginjal, pemberian sayur dan buah yang kaya protein harus seimbang.

"Protein (yang diberikan) tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi. Nanti itu makin merusak ginjal. Jadi, perlu (protein) seimbang," lanjut Cahyani.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lengkapi nutrisi dengan susu

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak penderita penyakit ginjal, orangtua dapat memberikan susu. Hal itu disampaikan dokter spesialis anak konsultan, Eka Laksmi Hidayati dari Divisi Nefrologi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

"Tambahkan susu agar anak tumbuh dengan baik. Susu apa saja boleh, misal susu murni atau susu UHT, tapi jangan beri susu terlalu banyak. Cukup 1-2 kali sehari," ujar Eka.

Hindari memberikan anak susu sampai enam gelas sehari. Anak juga perlu asupan nasi, sayur, dan buah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.