Sukses

Wah, Logam Berat Ditemukan di Kosmetik

Pemilihan kosmetik yang tidak sesuai justru bisa sangat membahayakan akibat kandungan logam berat yang ada di dalamnya.

Liputan6.com, Ottawa: Kosmetik atau yang biasa dikenal sebagai make up adalah sahabat terdekat wanita. Kemana pun, kapan pun dan di mana pun biasanya perempuan selalu mengandalkan kosmetik. Namun, pemilihan kosmetik yang tidak sesuai justru bisa sangat membahayakan. Hal itu karena penemuan logam berat pada kandungan kosmetik.
 
Seperti diwartakan Genius Beauty, Ahad (5/4), penelitian di Kanada menunjukkan bahwa logam berat beracun ditemukan pada 49 produk kosmetik ternama dunia yang diuji. Logam berbahaya itu antara lain, unsur-unsur kimia, seperti timah, arsen dan kadmium. Sebenarnya, bahan tersebut lebih tepat dikatakan sebagai campuran beracun, bukan komponen kosmetik yang dianjurkan.
 
Dari hasil penelitian terungkap, 100  persen produk mengandung nikel, serta 90 persen lainnya terdapat berilium. Lebih parahnya, penggunan logam berat pada kosmetik tidak disertai informasi di kemasan produk. Paparan logam berat dalam jumlah kecil tidak menyebabkan kerusakan, tetapi jika terakumulasi dalam tubuh perempuan untuk waktu lama dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan.
 
Dengan demikian, penting bagi perempuan untuk memastikan apakah kosmetik yang mereka gunakan sudah aman?(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.